Scroll untuk baca artikel
Kabar

Cara membuat lamaran kerja yang benar beserta contohnya

598
×

Cara membuat lamaran kerja yang benar beserta contohnya

Sebarkan artikel ini

Perhatikan penulisan

Sumber: Pixels

Surat lamaran harus diperhatikan saat melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, baiknya ketahui cara untut membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Jika surat lamaran kerja benar dan menarik, maka akan membuat HRD lebih mempertimbangkan kamu untuk lolos seleksi dan menjadi karyawan yang potensial.

Surat lamaran kerja adalah surat permohonan resmi untuk dapat bekerja di suatu lembaga atau perusahaan. Surat lamaran kerja ini biasanya juga didampingi oleh beberapa berkas atau dokumen pendukung untuk menjadi lampiran.

Penasaran bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? yuk intip.

Tujuan surat

Sebelum membuat surat lamaran kerja, kamu harus mengetahui tujuan surat yang akan kamu tuju terlebih dahulu. Sebelum menulis nama atau jabatan yang akan menerima surat, alangkah lebih baik menuliskan “Yth” atau “yang terhormat.

Baca Juga:   Cara Menonaktifkan Instagram Sementara dan Permanen

Pelamar juga sebaiknya mengetahui terlebih dahulu nama dan jabatan yang akan menerima surat lamaran kerja. Pada bagian bawah surat, juga tuliskan nama dan alamat lengkap dari perusahan penerima surat.

Salam pembuka

Buat salam pembuka dan pengantar dengan baik. Sebaiknya untuk ucapan salam menggunakan kata-kata yang universal seperti “Dengan Hormat”. Setelah itu, jelaskan mengenai informasi lowongan pekerjaan yang ingin dilamar.

Tanggal dan tempat

Penulisan tanggal dan tempat untuk surat lamaran kerja berposisi di bagian atas kanan atau juga bisa berada di atas kiri. Hal yang terpenting yakni tidak usah menyingkat kata dari tempat ataupun tanggal.

Data diri

Tuliskan tentang identitas diri dengan lengkap dan jelas di dalam surat lamaran. Data diri yang perlu disampaikan seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, pendidikan, email, dan nomor hp.

Baca Juga:   4 Tips Membersihkan Body Mobil Dari Jamur degan Mudah

Pengalaman kerja

Tulis pengalaman kerja dan kemampuan yang kamu miliki. Jelaskan dengan rinci dan detail terkait pengalaman kerja dan keahlian yang kamu miliki agar HRD percaya jika posisi yang kamu inginkan tepat diisi olehmu.

Penutup

Bagian ini berisi tentang harapan kamu sebagai calon pelamar kerja agar dapat dipertimbangkan menjadi calon karyawan. Dalam bagian penutup juga sebaiknya ada ucapan “terima kasih”. Bagian ini dilengkapi dengan tanda tangan dan nama lengkap dari pelamar kerja di bawah penutup.

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Bojonegoro, 12 Oktober 2022

Hal: Lamaran pekerjaan
Yth. Pimpinan
PT Optimis Bisa
Jalan Rajawali No….. Bojonegoro

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya lihat pada media sosial Instagram pada 6 Oktober 2022, perusahaan bapak/ibu sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan ini, saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teknisi di perusahaan Bapak/Ibu.

Baca Juga:   Cara Mudah Sembunyikan Foto di Hp Android dan iPhone

Adapun data diri saya, sebagai berikut:

Nama: Mat Cassava
Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 25 Mei 1995
Pendidikan terakhir: S-1 Teknik Informatika
Alamat: Jl. Penceng 543
Telepon: ….
E-mail: matcassava123@gmail.com

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Teknisi selama 1 tahun. Saya memiliki keahlian terkait Teknik Informatika, mulai dari memperbaiki komputer, jaringan, hingga listrik.

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen:

  • Daftar Riwayat Hidup/CV
  • Resume Kerja
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Fotokopi Sertifikat
  • Fotokopi KTP
  • Pas Foto 4×6

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Ttd.

Mat Cassava