4 Kebiasaan yang Harus Dihindari Pemotor, Aman Berkendara

Jangan bahayakan diri dan orang lain

oleh

Pengguna roda dua merupakan mayoritas pengguna jalan raya yang tersebar dibeberapa wilayah Indonesia. Tak dapat dipungkiri jika angka kecelakaan di Indonesia juga paling dominan disebabkan oleh kendaraan roda dua.

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi, karena minimnya alat keselamatan. Untuk itu para pengguna roda dua juga harus melengkapi alat keselamatan dan juga meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat membahayakan baik bagi pengguna ataupun orang lain. Berikut beberapa hal yang harus di hindari saat berkendara ros dua di jalan raya.

1. Tidak Menggunakan Helm

Helm merupakan standart utama yang harus digunakan saat berkendara. Tidak menggunakan helm kini masih menjadi kebiasaan buruk masyarakat dengan beragam alasan seperti jarak yang dekat. Penggunaan helm setidaknya dapat melindungi kepala dari benturan saat terjadinya sebuah kecelakaan.

Baca Juga:   Cara Mengganti nama pengguna Zoom dengan Mudah

2. Lawan Arah

Dengan alasan memotong rute agar lebih dekat, banyak pemotor yang lebih senang melawan arah. Tindakan tersebut merupakan tindakan yang berbahaya yang seharusnya kita tinggalkan dan juga patuhi rambu lalu-lintas yang ada agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.

3. Merokok Saat Berkendara

Masih banyak para pemotor yang merokok saat berkendara. Enak memang kala menyalakan rokok sembari menyusuri jalanan. Namun dampak dari abu rokok yang dibuang sembarang cukup bahaya apa bila terkena pengguna jalan yang lain.

4. Modifikasi Motor Tidak Sesuai

Banyak kaula muda yang memodifikasi motor seperti dan sebebas isi hatinya. Namun Kebiasaan tersebut memiliki dampak negatif bila tidak sesuai aturan yang berlaku. Dengan memodifikasi terlalu ekstrim pastinya akan mengorbankan fungsi apalagi dari segi keselamatan dapat menimbulkan bahaya, dan juga dari modifikasi suara knalpot yang berlebihan juga dapat meenggangu masyarakat sekitar.

Baca Juga:   Video Kucing yang Punya Keberanian Tinggi, Suka Mandi Pakai Air