5 Wisata gua di Tuban, ada yang disebut cahaya dari surga

Gua akbar paling dikenal

oleh

Tuban merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian pesisir Utara Provinsi Jawa Timur. Berbatasan langsung dengan kabupaten Lamongan di sisi Timur, Kabupeten Bojonegoro di sisi Selatan, dan Kabupaten Blora pada sisi sebelah barat.

Posisi ini mambuat Kabupetan Tuban memiliki berbagai destinasi wisata yang patut anda kunjungi. Apalagi Tuban juga memiliki wisata pantai yang indah.

Selain keindahan pantai di sepanjang pesisir Tuban, Kabupeten ini juga di mendapat julukan Kabupaten dengan “Kota Seribu Gua”, sebab banyak sekali gua yang ada di wilayah Kabupaten tersebut, baik yang sudah dijadikan tempat wisata maupun yang baru tahap pengembangan.

Berikut referensi tempat wisata gua yang ada di Kabupaten Tuban untuk liburan akhir pekanmu.

Baca Juga:   Kesedihan Gary Neville Melihat Cristiano Ronaldo

1. Gua Kancing

Sumber: @sakti_vanant_ouray_akhza

Gua yang ada di Dusun Telogo, Desa Prungguhan Kulon, Kecamtan Semanding, Kabupaten Tuban ini dipercaya sudah ada lebih sebelum masa kerajaan Majapahit.

Berbeda dengan gua lainnya, gua ini hanya memiliki kedalaman 4 M. Hanya saja terdapat bebatuan besar yang saling menyudut membetuk menyerupai kancing. Gua ini belum bisa untuk dijadikan sebagai tempat wisata dikarekan letak gua tersebut berada di tanah milik personal warga sekitar.

Namun warga yang penasaran dipersilahkan kenikmati keindahan alam serta keunikan dari Gua Kancing.

2 Gua Suci

Terletar di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban wisata satu ini muruapakan gua buatan yang ada di kala zaman kerajaan majapahit. Terdapat pahatan angka 1026 yang dikenal masyarakat sebagai tahun dibuatnya sebuah gua ini.

Baca Juga:   Wisata Air Terjun Pengantin, mitos cinta abadi hingga kisah Eyang Galiman

Memiliki keindahan yang cukup keren, gua dengan kedalaman 14 M ini berbentuk dari pahatan yang mengerucut dengan lobang di bagian tengah hingga saat matahari menyinari bagian tersebut menciptakan pancaran cahaya yang sangat indah. Masyarakat juga kerap menyebutnya “cahaya dari surga”.