Scroll untuk baca artikel
Kabar

Cara Mudah Mengatasi Ponsel Error atau ‘Hang’

192
×

Cara Mudah Mengatasi Ponsel Error atau ‘Hang’

Sebarkan artikel ini

Perhatikan usia perangkat

Ponsel mengalami error atau tiba-tiba tidak bisa digunakan pasti akan membuat pengguna merasa kesal. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi ponsel hang atau error.

Errornya ponsel biasanya terjadi karena terdapat kesalahan pada sistem ataupun aplikasi yang mencegah ponsel bekerja dengan optimal. Penyebabnya pun bisa terjadi karena penyimpanan sudah penuh, prosesor lambat dan terdapat masalah pada operasi sistem.

Cara mengatasi ponsel hang dan error

1. Perbarui sistem operasi

Perangkat lunak yang mengalami kecacatan atau ‘bug’ akan menyebabkan hal yang terduga. Dengan memperbarui sistem operasi, maka kerusakan atau bug dari versi sistem operasi akan segera teratasi.

Baca Juga:   Cara Mudah Buat Akun YouTube hingga Monetisasi, Dapat Menghasilkan Uang

2. Tutup paksa aplikasi

Jika mengalami macet saat menggunakan salah satu aplikasi di perangkat, maka paksa aplikasi tersebut untuk tertutup dan terhenti sehingga kamu bisa memulainya kembali.

3. Hapus aplikasi yang bermasalah

Jika setiap membuka aplikasi tertentu macet, maka hapus aplikasi tersebut. Sebab aplikasi yang sering macet terdapat kecacatan atau bahkan mengandung virus.

4. Nyalakan ulang perangkat

Matikan dan hidupkan ulang perangkat. Dengan mereboot perangkat akan menyelesaikan berbagai masalah yang ada di perangkat.

5. Perbarui aplikasi

Bug tak hanya terdapat dalam sistem operasi, namun pada aplikasi juga kerap kali terjadi. Jika ada pembaruan aplikasi, maka segera perbarui akan aplikasi terpelihara dengan baik.

Baca Juga:   3 Risiko Pasang Parfum Pada Kisi-Kisi AC yang Wajib Diketahui

6. Kosongkan ruang penyimpanan

Salah satu faktor yang membuat perangkat error yakni ruang penyimpanan hampir penuh. Maka sebaiknya kosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus dokumen yang tidak digunakan.

7. Reset perangkat

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan yakni dengan mereset perangkat. Dengan melakukan hal tersebut, maka perangkat akan seperti baru, sebab semua aplikasi dan data akan hilang.