Scroll untuk baca artikel
KabarWisata

Wisata Waduk Kedung Ombo, Bisa Menyaksikan Pemandangan Sunrise yang Indah

443
×

Wisata Waduk Kedung Ombo, Bisa Menyaksikan Pemandangan Sunrise yang Indah

Sebarkan artikel ini

Asri dan memukau

Waduk Kedung Ombo
Sumber: waduk.kedungombo

Waduk Kedung Ombo adalah sebuah waduk buatan yang terletak di Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Waduk ini terletak sekitar 25 km dari Kota Purwodadi dan sekitar 40 km dari Kota Semarang.

Waduk ini juga berfungsi untuk mengendalikan banjir dan sebagai sumber air baku untuk keperluan industri dan rumah tangga di sekitar daerah Kedu, Semarang, dan sekitarnya.

Di sekitar waduk ini terdapat objek wisata yang menarik, seperti pemandian air panas dan spot-spot fotografi yang indah. Waduk Kedung Ombo juga sering digunakan sebagai tempat latihan olahraga air, seperti berenang, ski air, dan selancar angin.

Waduk Kedung Ombo memiliki keindahan alam yang memukau. Dengan luasnya yang mencapai 7.000 hektare, waduk ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan airnya yang jernih dan kehijauan yang menyegarkan.

Di sekitar waduk, terdapat perbukitan yang hijau dan menghijau dengan lebatnya hutan dan perkebunan. Di samping itu, terdapat juga pemandangan hamparan sawah dan pepohonan yang menjulang tinggi di sekitar waduk.

Baca Juga:   Wisata Pemandian Air Panas Guci, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di Jawa Tengah

Selain itu, saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan pemandangan sunrise yang indah dan ketika malam tiba, Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang romantis.

Terdapat beberapa spot di sekitar waduk yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, seperti pantai pasir putih, air terjun, dan hutan pinus. Selain itu, juga terdapat tempat pemandian air panas yang dapat membuat Anda merasa rileks dan segar kembali.

Baca juga: Wisata Waduk Dharma Kuningan, Menawarkan Keindahan Alam yang Menakjubkan

Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di waduk ini, seperti berenang, selancar angin, berperahu, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar waduk untuk menikmati keindahan alam yang ada.

Fasilitas

Waduk Kedung Ombo menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya adalah:

1. Tempat Parkir

Waduk Kedung Ombo menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

2. Area Rekreasi

Di sekitar waduk terdapat area rekreasi yang luas dan asri dengan pepohonan yang rindang. Area ini cocok untuk piknik dan berkumpul bersama keluarga atau teman.

Baca Juga:   Wisata Senjoyo, Memiliki Keindahan Alam yang Sangat Menakjubkan

3. Tempat Pemandian Air Panas

Terdapat beberapa tempat pemandian air panas di sekitar waduk yang dapat digunakan untuk relaksasi setelah beraktivitas.

4. Penginapan

Terdapat beberapa penginapan di sekitar waduk untuk pengunjung yang ingin menginap dan menikmati suasana sekitar waduk lebih lama.

5. Perahu dan Ski Air

Anda dapat menyewa perahu atau ski air untuk menjelajahi waduk dan menikmati keindahan alam sekitar.

6. Warung Makan dan Pedagang Kaki Lima

Terdapat banyak warung makan dan pedagang kaki lima di sekitar waduk yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

7. Toilet dan Kamar Mandi

Terdapat beberapa toilet dan kamar mandi yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

8. Pos Pengamanan

Terdapat beberapa pos pengamanan yang tersebar di sekitar waduk untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

9. Taman Bermain Anak

Terdapat beberapa taman bermain anak yang dapat digunakan untuk anak-anak.

Baca Juga:   Wisata Pemandian Air Panas Guci, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di Jawa Tengah

Tiket Masuk

Tiket masuk Waduk Kedung Ombo biasanya tergantung pada jenis kendaraan dan jumlah penumpang yang masuk. Berikut ini adalah perkiraan harga tiket masuk ke Waduk Kedung Ombo:

Motor: sekitar Rp 2.000 – Rp 5.000 per motor.

Mobil: sekitar Rp 5.000 – Rp 15.000 per mobil.

Bus besar: sekitar Rp 25.000 – Rp 50.000 per bus.

Bus kecil: sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000 per bus.

Harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda-beda pada saat weekend atau hari libur nasional. Selain itu, terdapat biaya tambahan untuk fasilitas yang digunakan, seperti sewa perahu, peralatan olahraga air, atau tempat pemandian air panas.

Pastikan untuk menanyakan harga tiket masuk dan fasilitas yang tersedia di Waduk Kedung Ombo kepada petugas yang bertugas atau melalui informasi yang tersedia di lokasi.