Scroll untuk baca artikel
Kabar

5 Jembatan di Bojonegoro membelah Bengawan Solo, pemandangannya indah

419
×

5 Jembatan di Bojonegoro membelah Bengawan Solo, pemandangannya indah

Sebarkan artikel ini

Jembatan Sosrodilogo jadi tempat swafoto

Sumber: Bojonegorokab.go.id

Kabupaten Bojonegoro merupakan wilayah salah satu kabupaten terpanjang dengan 14 Kecamatan yang dilintasi sungai terpanjang di pulau jawa, yakni Bengawan Solo. Saat ini terdapat beberapa jembatan yang melintasi Bengawan Solo baik sebagai penghubung antar Kecamatan, antar Kebupaten ataupun antar Provinsi.

Berikut 5  jembatan di Bojonegoro yang membelah sungai Bengawan Solo.

1. Jembatan Terusan Bojonegoro-Blora (TBB)

Jembatan yang baru diresmkan pada awal Januari 2021 ini dibangun mulaii bulan Juni 2020 dengan Panjang mencapai 220 dan lebar 9 meter dengan menghubungkan antara desa Luwihaji Pada bagian Bojonegoro dan Mdalem Pada wilayah Blora jawa Tengah.

2. Jembatan Kalitidu-Malo

Jembatan yang pernah viral saat pembangunannya di tahun 2005 ini menarik perhatian masyarakat, sebab jembatan ini terlihat indah seperti jembatan Sydney Harbour Bridge yang ada di Negara Australia. Jembatan dengan Panjang 186 meter dan memiliki lebar 9 meter ini menjadi askes masyarakat ke Kecamatan Malo yang sebelumnya harus memutar cukup jauh.

3. Jembatan Sosrodilogo

Jembatan yang rampung dibangun pada tahun 2019 ini menghubungkan wilayah kota Bojonegoro dan Kecamatan trucuk. Jembatan dengan panjang 145meter dengan lebar 9meter yang melintas di atas sungai Bengawan Solo ini menjadi akses masyarakat Trucuk untuk ke daerah Kota dan sekitarnya yang sebelumnya harus memutar atau menggunakan perahu penyebrangan.

4. Jembatan KaRe (Kanor-Rengel)

Jembatan yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada 12 Januari 2022 ini menjadi suatu jembatan yang viral saat ini. Jembatan dengan panjang 210meter ini menjadi penghubung antara Kanor dibagian Bojonegoro dan rengel dibagian Tuban yang memberikan kemudahan mobilitas yang dulunya harus memutar cukup jauh atau menggunakan perahu penyebrangan yang hanya untuk roda 2 kini bisa memanfaatkan jembatan untuk mencapai tujuan dengan mudah dan cepat

5. Jembatan Padangan – Kasiman

Jembatan ini dibangun dengan biaya APBD Rp60 miliar. Selain pembangunan jembatan juga dibangun jalan sepanjang 180 meter dengan lebar 7 meter. Di utaranya, juga dibangun jalan sepanjang 330 meter dengan lebar 7 meter.

Jembatan yang dibangun 2015 ini menjadi jujugan warga yang hendak swafoto. Karena pemandangannya indah.