Scroll untuk baca artikel
Kabar

UMKM didorong suplai bahan produk dalam negeri agar tidak impor

259
×

UMKM didorong suplai bahan produk dalam negeri agar tidak impor

Sebarkan artikel ini

Berdayakan UMKM

Sumber: KemenkopUKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan masih banyak produk-produk dalam negeri masih impor. Diantaranya alat-alat kesehatan, alat pertanian dan teknologi pengelolaan makanan. Padahal sebenarnya bisa diproduksi di dalam negeri.

“Nah ini kita dari sisi suplainya akan beresin ekosistemnya. Sehingga kita berani untuk tidak lagi impor. Dan kita bisa memproduksi kebutuhan dalam negeri dari produk UMKM,” kata Menteri dalam kunjungan ke Business Matching Pengadaan Produk Dalam Negeri dan UMKM 2022 di Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022).

Untuk kuantitas dan kualitas produk dalam negeri kita sudah siap. Bahkan tidak kalah dengan produk luar negeri

“Jadi di Undang-Undang (UU) Cipta Kerja 40% belanja negera harus membeli produk UMKM dan sekitar Rp400 triliun. Coba kalau APBN sudah Rp5.000 trilun hitung berapa valeunya? Ini besar sekali,” ungkapnya dikutip dari laman Kemenkopukm.

Baca Juga:   UMKM di Bojonegoro Bisa Urus NIB Gratis, Ini Jadwal Pendampingan di Desa

Dia juga mencontohkan produk dalam negeri seperti bambu Indonesia sangat kaya dan produktif dari China dan Negara luar negeri yang memiliki empat musim.

“Kita juga punya tradisi bambu dan bisa mengganti kayu. Dari segi ekonomi juga ini bisa menjawab masalah lingkungan karena bambu bisa di produksi dengan cepat dan punya nilai ekonomi yang sangat besar,” tandasnya.