Scroll untuk baca artikel
Kabar

4 Cara Mudah Cek Kondisi Ban Kendaraan

1099
×

4 Cara Mudah Cek Kondisi Ban Kendaraan

Sebarkan artikel ini

Utamakan keselamatan

Siapa yang tak tahu tentang ban sebuah bulatan berbentuk donat ini memiliki peran penting dalam kemudahan perpindahan kendaraan dari satu titik ke titik tujuan yang lain. Namun saat ditengah perjalanan ban kamu mengalami pecah maka akan terhambat dalam perjalanan.

Untuk itu sebelum melakukan suatu perjalanan alangkah baiknya bila kamu mengecek dan mengetahui kondisi spesifikasi ban yang ada di mobilmu. berikut beberapa cara mengecek kondisi ban mobil kamu.

1. Periksa Batik Telapak Ban

Pemeriksaan ini untuk mngetahui apakah terdapat robekan atau terdapat pecahan yang ada di baan mobil kamu, dan juga kamu busa mengecek apakah terdapat benda-benda tajam yang dapat membahayakan untuk kondisi ban.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Google Drive limit, Dijamin Ampuh

selain itu dalam tindakan ini kamu dapat mengetahui tingkat kegundulan ban mobil kamu. Biasanya ada tanda tonjolan kecil disekitar dinding ban, bila tonjolan tersebut mulai hebis maka kamu diharuskan untuk segera mengganti ban.

2. Periksa Tekanan Ban

Langkah mudah ini bisanya yang sering sekali disepelakan. Mengecek tekanan ban adalah hal kecil ang memiliki pengaruh penting dalam perjalanan.

Bila Tekanan kurang makan akaan banyak efek yang ditimbulkan seprti mobil jadi sulit dikendarai hingga membat mobil jadi boros BBM. Begitu pula bila ban terlalu banyak tekanan angin maka akan mengurangi kenyamanan saat kamu berkendara.

kamu dapat melakukan pengecekan ben dengan alat tekanan angin ban, bila tidak memiliki kamu dapat menepuk ban menggunakan tongkat bila dirasa kurang kamu dapat menambah tekanan ban sesuai spesifikasi tekanan ban yang dianjurkan.

Baca Juga:   Cara Mudah Buat Video YouTube Shorts, Cocok Bagi Pemula

3 Periksa Kondisi Dinding Ban

Tak kalah penting dari bagian yang lain kondisi dinding ban berguna untuk kelenturan ban itu sendiri. Periksa kondisi dinding ban secara seksama sebab bila sering menghantam lubang yang dalam apalagi saat tekanan ban kurang, maka akan sering dinding ban mengalami kebenjolaan, hal ini dapat membahayakan sebab ban akan mudah untuk pecah.

4. Periksa Kondidi Pelek Ban

sebagai penompang ban yang berbahan besi, pelk juga tak boleh luput dari pemeriksaan. Periksa Pelk BAn mobil kamu apakah dalam keadaan bulat sempurna atau terdapat keretakan hingga ada hal yang membuat pelk tak lagi berbentuk bulat.