Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

Kapan Harus Mengganti Gear Set Motor?

167
×

Kapan Harus Mengganti Gear Set Motor?

Sebarkan artikel ini

Ketahui gejalanya

rantai motor/sumber: pixabay

Gear dan rantai adalah komponen penting dalam sebuah motor yang berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke bagian roda motor. Walau telah dilakukan perawatan secara maksimal tentunya komponen ini juga memiliki umur masa pakai yang harus diganti bila telah mengalami kerusakan. Berikut beberapa ciri gear motormu harus segera diganti untuk kelancaran berkendara.

1. Permukaan Gear Sudah Aus

Perhatikan bagian ini sebagai penanda gear motor kamu segera dilakukan pergantian. Bila kamu menemui gear motor sudah gompal, jarak antar mata sudah tak sama, hingga ujung mata gear sudah lancip maka segera untuk lakukan pergantian. Dampak bila tidak segera diganti adalah akan timbul bunyi mengganggu saat rantai berputar.

Baca Juga:   5 Ciri Kiprok Motor Rusak, Ketahui Cara Mengatasinya

2. Permukaan Rantai Aus

Perhatikan permukaan rantai secara menyeluruh bila terdapat keausan pada bagian rantai akan memiliki dampak daya cengkram dengan gear akan kurang maksimal sehingga motor menjadi kurang bertenaga.

3. Suara Berisik

Bila telah merawat gear dan rantai ssecara maksimal namun tetap timbul suara berisik bisa dipastikan gear motor kamu sudah waktunya untuk dilakukan pergantian. Hal ini terjadi dikarenakan rantai yang sudah longgar yang kemudian bergesekan dengan komponen lain seperti arm.

4. Ketegangan Rantai Tidak Stabil

Hal ini bisa diketahui saat kamu memutar roda motor kamu secara perlahan, maka akan terlihat rantai motormu sesekali menegang serta mengendor akibat rantai yang sudah aus.