Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Cara Mudah Menghapus Mutasi Rekening BRI

265
×

Cara Mudah Menghapus Mutasi Rekening BRI

Sebarkan artikel ini

Bisa dilakukan kapan dan di manapun

Menghapus Mutasi Rekening Bri
Ilustrasi: BRI

Menghapus Mutasi Rekening – Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank BUMN yang dikelola oleh pemerintah Indonesia sejak awal. BRI memiliki infrastruktur yang lengkap dan terbesar yang berada di Indonesia.

Kini kantor-kantor pelayanan dari BRI sudah masuk ke pelosok desa demi memberikan pelayanan yang baik. BRI sendiri memberikan layanan seperti cetak rekening koran, membuka rekening baru hingga transfer. BRI juga memberikan kemudahan bagi pengguna dengan kepraktisannya.

Namun tak banyak juga yang mengerti terkait dengan mutasi rekening. Mutasi rekening sendiri adalah daftar atau laporan yang berisi rincian transaksi keuangan yang terjadi pada suatu rekening dalam periode tertentu.

Mutasi rekening mencatat setiap transaksi yang terjadi pada rekening tersebut, baik itu transaksi debet (pengeluaran) maupun kredit (pemasukan) seperti transfer, pembayaran tagihan, penarikan uang, setoran uang, dan lain sebagainya. Mutasi rekening sangat penting bagi pemilik rekening dalam memantau aktivitas keuangan mereka, mengelola anggaran, serta memastikan bahwa setiap transaksi telah tercatat dengan benar dan sesuai dengan harapan mereka. Mutasi rekening biasanya dapat dilihat melalui aplikasi atau layanan perbankan online, atau melalui cetakan yang dikeluarkan oleh bank.

Baca Juga:   Cara Bayar Tagihan Indihome Lewat M-Banking

Mutasi rekening ternyata juga dapat dihapus. Cara menghapusnya pun cukup mudah dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Penasaran caranya? yuk intip.

Cara Menghapus Mutasi Rekening BRI

Baca juga: Cara Mencairkan Gift TikTok, Lewat Dana dan Rekening Bank

– Buka browser di HP atau laptop
– Masuk ke laman https://ib.bri.co.id/ib-bri/
– Login dengan memasukkan User ID, password dan kode verifikasi pada kolom yang telah disediakan
– Jika sudah masuk ke beranda profil IB BRI, klik ikon titik tiga
– Klik ‘transfer’
– Klik daftar transfer
– Pilih jenis transaksi sesuai yang ingin kamu hapus
– Tandai jenis riwayat yang ingin kamu hapus saat berada di daftar riwayat tranfer
– Jika sudah kamu tandai, klik ‘hapus’
– Klik ‘Oke’ untuk mengkonfirmasi penghapusan

Baca Juga:   Cara Bayar Tagihan Indihome Lewat M-Banking

Manfaat Hapus Mutasi Rekening

Menghapus mutasi rekening dapat memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Menjaga keamanan keuangan

Dengan menghapus mutasi rekening yang sudah lama, Anda dapat menghindari terjadinya penyalahgunaan informasi keuangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Meningkatkan efisiensi

Dengan menghapus mutasi rekening yang sudah lama, Anda dapat mempercepat proses pengolahan data dan membuat rekening menjadi lebih teratur.

3. Menghindari kesalahan dalam pencatatan keuangan

Dengan menghapus mutasi rekening yang sudah lama, Anda dapat memperkecil kemungkinan kesalahan dalam pencatatan keuangan karena informasi yang tersimpan di rekening menjadi lebih akurat dan terbaru.

4. Memperbaiki kualitas laporan keuangan

Dengan menghapus mutasi rekening yang sudah lama, Anda dapat memperbaiki kualitas laporan keuangan karena informasi yang tersedia menjadi lebih terperinci dan akurat.

Baca Juga:   Cara Bayar Tagihan Indihome Lewat M-Banking

5. Menghindari kerugian finansial

Dengan menghapus mutasi rekening yang sudah lama, Anda dapat menghindari kerugian finansial karena adanya transaksi atau biaya yang tidak diinginkan yang terlewatkan atau tidak tercatat dengan baik di dalam mutasi rekening.