Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

Menyiram Cakram Bersuhu Tinggi, Apakah Boleh?

188
×

Menyiram Cakram Bersuhu Tinggi, Apakah Boleh?

Sebarkan artikel ini

Perhatikan kondisi cakram

Rem merupakan komponen pada kendaraan yang memiliki peran penting untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Namun penggunaan rem secara terus menerus dapat menyebabkan bagian dari rem mengalami peningkatan suhu yang sangat ekstrem. Saat ini rem berjenis cakram dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengereman bisa maksimal dan rem cakram mampu membuang panas lebih cepat.

Namun masih banyak pengendara yang salah kaprah dengan menyiram dengan air kebagian cakram saat kondisi cakram sedang panas berlebih. Hal ini dianggap cara cepat menurunkan suhu cakram yang sebenarnya cara tersebut cukup berbahaya dimana bisa membuat besi baja yang memuai akibat panas langsung mengalami penurunan suhu saat disiram yang dapat merubah bentuk dan menjadikan cakram mudah pecah. lalu bagiamana cara aman saat cakram kendaraan panas? berikut penjelasanya.

1. Bila rem terasa tidak pakem terlebih saat melewati turunan terus menerus segera menepi dan berhenti untuk melihat kondisi kendaraan terutama pada bagian pengereman.

2. Hal tersebut pasti rem kendaraanmu dalam konsidi yang extra panas. Jangan langsung buru-buru menyiram rem dengan air, sebaiknya berhentilah sejenak hingga suhu rem menurun dan kondisi cakram hangat.

3. Barulah pada kondisi ini cakram rem dapat disiram agar cakram bisa kembali pada suhu normal dan kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan selamat.