Cara Menghindari Turun Mesin Pada Motor

Terjadi karena kurang perhatian

Selain karena memang masa usia mesin. Kerusakan pada mesin sering terjadi akibat dari kesalahan dan kurangnya perawatan dari pemilik motor itu sendiri. Turun mesin pada dunia motor racing adalah suatu hal yang biasa. Namun pada motor yang digunakan sehari-hari turun mesin suatu hal yang sebaiknya kita hindari sebab bila motor diharuskan turun mesin maka biaya yang dikeluarkan tidak lah sedikit dan rasa motorpun menjadi berbeda dari pada kita melakukan perawatan yang baik dan benar. Lalu tips apa untuk mencegah turun mesin pada motor? simak ulasan berikut.

1. Rajin Ganti Oli

Sebagai langkah sederhana perawatan motor adalah dengan rajin mengganti oli. Pergantian oli bertujuan untuk membuang kotoran yang selama ini telah bekerja, selain itu kondisi oli yang bagus akan memberikan kinerja yang maksimal dalam melumasi komponen mesin agar terhindar dari beragam kerusakan. Lakukan pergantian oli secara rutin setelah 3.000 KM atau 3 bulan pemakaian.

Baca Juga:   Cara Mematikan Iklan di HP Xiaomi, Nyaman Tiada Gangguan

2. Service Berkala

dalam sebuah motor tidak hanya ada mesin. Namun ada beragam komponen lainnya yang ada keterkaitan satu sama lain. Lakukan service rutin secara berkala untuk memastikan komponen tersebut dalam keadaan optimal sehingga kerja mesin motor dapat maksimal.

3. Hindari Genangan Air yang Tinggi

Selain kerusakan pada internal mesin. Turun mesin juga bisa disebabkan dari hal-hal dari luar seperti pada saat kita berkendara dalam kondisi hujan. Motor sering kali melewati beberapa genangan. Ada batas tertentu sebuah motor dapat melewati genangan dan sebaiknya hindari genangan yang terlalu tinggi yang dapat mengakibatkan air masuk pada ruang mesin dan mampu memerusak beragam komponen dalam mesin.

Share