Scroll untuk baca artikel
KabarTeknologi

4 Cara Memulihkan Akun Google yang Terhapus, Mudah dan Praktis

199
×

4 Cara Memulihkan Akun Google yang Terhapus, Mudah dan Praktis

Sebarkan artikel ini

Cepat dan mudah

Memulihkan Akun Google – Akun Google merupakan akun pengguna tunggal yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh Google, termasuk Gmail, Google Drive, Google Calendar, Google Maps, YouTube, Google Play Store, dan banyak lagi.

Selain itu, akun Google juga memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan data, file, dan informasi lainnya secara online dan mengaksesnya dari perangkat mana saja yang terhubung dengan internet. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan sinkronisasi data di berbagai perangkat, termasuk laptop, tablet, dan smartphone.

Pembuatan akun Google biasanya dilakukan secara gratis, dan setiap pengguna bisa memiliki satu atau beberapa akun Google tergantung kebutuhan. Akun Google bisa dibuat dengan mudah menggunakan alamat email yang telah ada atau dengan membuat alamat email baru yang akan digunakan sebagai nama pengguna untuk akun Google tersebut.

Baca Juga:   Cara Mengatasi HP Lupa Sandi, Cepat dan Mudah

Terkadang pengguna ingin menghapus akun Google karena sudah tak terpakai. Namun tak jarang jika pengguna salah menghapus akun Google atau tak sengaja menghapusnya sehingga bisa menyebabkan beberapa akibat yang merugikan pengguna, seperti kehilangan akses ke semua layanan Google yang terkait dengan akun tersebut, termasuk email, dokumen, file, foto, dan video yang tersimpan di Google Drive atau YouTube, dan informasi pribadi yang terkait dengan akun Google tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa kehilangan kontak dan informasi penting lainnya, serta tidak dapat menggunakan fitur sinkronisasi dan backup data yang disediakan oleh Google.

Akibat yang lebih serius adalah pengguna tidak bisa memulihkan akun Google mereka jika mereka tidak memiliki opsi pemulihan yang tersedia atau informasi yang cukup untuk membuktikan kepemilikan akun tersebut.

Baca Juga:   Cara Menemukan Titik Spot Gojek, Memudahkan Pencarian Kendaraan

Jika Anda mengalami hal tersebut atau tak sengaja mengapus akun Google, Anda dapat mengatasinya dengan memulihkan akun Google tersebut. Penasaran bagaimana caranya? yuk intip.

Cara memulihkan akun Google yang terhapus

1. Gunakan opsi pemulihan akun Google

Jika akun Google dihapus oleh pengguna sendiri, maka pengguna bisa menggunakan opsi pemulihan yang tersedia pada halaman masuk akun Google untuk memulihkan akun mereka. Pengguna bisa mengunjungi halaman “Ganti atau pulihkan akun” dan mengikuti instruksi yang diberikan.

2. Hubungi layanan dukungan Google

Jika pengguna tidak bisa memulihkan akun Google mereka dengan opsi pemulihan yang tersedia, maka pengguna bisa menghubungi layanan dukungan Google melalui formulir yang tersedia di halaman bantuan Google. Pengguna harus memberikan informasi yang diperlukan serta mengikuti prosedur verifikasi yang ditetapkan oleh Google.

Baca Juga:   Cara Meningkatkan Performa RAM HP, Bisa Lebih Cepat

3. Gunakan alat pemulihan data

Jika pengguna telah menyimpan data di Google Drive atau Google Photos, maka pengguna bisa menggunakan alat pemulihan data yang disediakan oleh Google untuk memulihkan data yang telah dihapus. Alat pemulihan data bisa membantu pengguna memulihkan file yang terhapus dari akun Google.

4. Gunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga

Jika pengguna tidak bisa memulihkan akun Google mereka menggunakan opsi yang disediakan oleh Google, maka pengguna bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga yang tersedia di pasar. Beberapa aplikasi pemulihan data bisa membantu pengguna memulihkan data yang telah dihapus dari perangkat atau aplikasi, termasuk akun Google.