Scroll untuk baca artikel
HeadlineWisata

Air Terjun Putri Nglirip, Ini Dia Rahasia Tersembunyi di Balik Keindahannya yang Harus Kamu Ketahui!

601
×

Air Terjun Putri Nglirip, Ini Dia Rahasia Tersembunyi di Balik Keindahannya yang Harus Kamu Ketahui!

Sebarkan artikel ini
Air Terjun Putri Nglirip
Air Terjun Putri Nglirip

HULUHILIR.COMHalo, sobat traveler! Kali ini saya akan mengajak kamu untuk menjelajahi salah satu destinasi wisata alam yang memukau di Tuban, Jawa Timur, yaitu Air Terjun Putri Nglirip.

Air Terjun Putri Nglirip terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 29 meter, lebar 25 meter, dan kedalaman 30 meter.

Airnya jernih dan segar, mengalir dari mata air Krawak yang berada di hutan lindung di sekitar air terjun.

Di sekeliling air terjun terdapat hutan lebat yang masih asri. Pepohonan yang tinggi menjulang membuat suasana di sekitar air terjun menjadi sejuk dan teduh.

Selain itu, terdapat juga beberapa kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun. Kolam-kolam ini sangat cocok untuk berendam dan bermain air.

KEUNIKAN AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Air Terjun Putri Nglirip
Air Terjun Putri Nglirip

Air Terjun Putri Nglirip di Tuban, Jawa Timur, menawarkan pesona alam yang memukau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan lebar sekitar 20 meter.

Kolam utama air terjun ini sangat dalam dan memiliki warna hijau tosca yang memukau. Air terjun ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau roda empat, dan trekking menuju lokasi utama objek wisata air terjun sudah tertata sangat baik.

Selain itu, perjalanan menuju lokasi utama bisa sambil selfie karena di sepanjang jalur trekking sudah dihiasi dengan warna-warni dan sentuhan kreasi.

LOKASI AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP


Dari Kota Tuban, Air Terjun Nglirip berjarak sekitar 35 kilometer atau sekitar 45 menit perjalanan. Sementara dari Kabupaten Bojonegoro, jaraknya sekitar 25 kilometer atau sekitar 30 menit perjalanan.

Lokasinya terletak di desa Mulyoagung, dengan alamat RT 03 RW 05, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Akses jalan menuju air terjun ini dapat dilalui oleh semua jenis kendaraan dan jalannya sudah beraspal, memudahkan untuk mengunjungi tempat ini.

SEJARAH AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Air Terjun Putri Nglirip
Air Terjun Putri Nglirip

Air Terjun Putri Nglirip tidak hanya menarik dari segi keindahannya, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Nglirip memiliki cerita legenda yang sangat diyakini oleh masyarakat sekitar.

Pada masa lampau, ada seorang gadis dari kalangan petani yang jatuh cinta kepada seorang bangsawan bernama Joko Lelono.

Namun, cinta mereka tidak mendapat restu dari orangtua Joko Lelono. Sang raja pun mengirim para pengawal untuk membunuh Joko Lelono, karena jika mereka menikah, hal tersebut dianggap akan mendiskreditkan keluarga bangsawan tersebut.

Gadis desa itu merasa sedih saat mengetahui kekasihnya telah dibunuh. Ia kemudian pergi dan singgah di sebuah gua di samping Air Terjun Nglirip, bersemedi hingga akhir hayatnya, dan jasadnya tak pernah ditemukan.

Dari kejadian itu, air terjun ini dinamakan sesuai dengan legenda tersebut. Konon, pasangan muda yang berkunjung ke sana dalam kurun waktu 40 hari akan mengalami putus cinta, karena sang gadis konon merasa cemburu atau tidak senang melihat pasangan yang bermesraan di tempat tersebut.

Meskipun demikian, kepercayaan tersebut tergantung pada keyakinan masing-masing individu dan pada kehendak Tuhan.

Selain dari mitosnya, Air Terjun Putri Nglirip tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga menjadi tempat wisata religi karena terdapat makam Syech Abdul Jabbar tepat di atas Air Terjun Putri Nglirip.

Makam Syech Jabbar, yang juga dikenal sebagai Mbah Jabbar, dianggap suci oleh penduduk setempat dan menjadi pusat ziarah bagi masyarakat Tuban dan sekitarnya.

MAKANAN KHAS AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Air Terjun Putri Nglirip
Air Terjun Putri Nglirip

Ketika mengunjungi Air Terjun Putri Nglirip, pengalaman tak lengkap tanpa mencoba hidangan khasnya, yaitu Rujak Uleg.

Rasanya yang unik hanya dapat ditemukan di Nglirip. Campuran antara kacang dan gula merah, pembuatannya yang segar, disajikan dengan beragam sayuran seperti daun ketela atau kangkung, disertai potongan tahu dan buah-buahan, pastinya akan membuat Anda merindukan rasanya dan ingin kembali berkunjung ke Air Terjun Nglirip.

FASILITAS AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Air Terjun Putri Nglirip
Air Terjun Putri Nglirip

Terdapat beragam fasilitas yang tersedia di sekitar area Air Terjun Putri Nglirip yang dapat memperkaya pengalaman wisata:

1. Parkir

Area parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pengunjung. Menyediakan ruang yang memadai agar wisatawan dapat dengan nyaman meninggalkan kendaraan mereka sebelum memulai petualangan ke air terjun.

2. Gazebo

Terdapat gazebo-gazebo yang tersebar di sekitar area air terjun. Tempat-tempat ini sangat cocok untuk istirahat sejenak, menikmati pemandangan sekitar, atau sekadar bersantai sambil menikmati udara segar.

3. Toilet

Fasilitas toilet yang bersih dan terawat untuk kenyamanan pengunjung. Toilet umum tersedia di sekitar area air terjun agar pengunjung dapat melakukan keperluan dengan nyaman selama berada di lokasi.

4. Wifi

Koneksi internet Wi-Fi yang tersedia di beberapa titik tertentu di sekitar area air terjun. Fasilitas ini memungkinkan pengunjung untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman, atau bahkan membagikan momen-momen spesial mereka saat berkunjung ke air terjun.

5. Warung Kuliner

Terdapat warung-warung makanan yang menyajikan hidangan khas dan lezat. Pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan lokal atau camilan sambil menikmati suasana sekitar air terjun.

6. Tempat Sholat

Fasilitas tempat ibadah berupa musholla atau tempat sholat yang nyaman dan bersih. Lokasi ini menyediakan ruang bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah selama berada di area air terjun.

7. Tempat Foto

Terdapat spot-spot khusus yang menarik untuk pengambilan foto. Area-area ini dirancang untuk menciptakan momen-momen indah bagi pengunjung yang ingin mengabadikan kunjungan mereka ke Air Terjun Putri Nglirip dalam foto-foto yang menarik dan berkesan.

TIKET MASUK AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Air Terjun Putri Nglirip
Air Terjun Putri Nglirip

Air Terjun Putri Nglirip merupakan destinasi yang sesuai untuk semua golongan karena harganya yang terjangkau untuk tiket masuk:

  • Tarif dewasa sebesar Rp. 8.000
  • Tarif anak-anak sebesar Rp. 3.000

Harga tiket yang ramah di kantong ini memungkinkan semua kalangan untuk menikmati keindahan air terjun tanpa harus merasa terbebani secara finansial.

TIPS BERJUNJUNG KE AIR TERJUN PUTRI NGLIRIP

Air Terjun Putri Nglirip
Air Terjun Putri Nglirip

Agar liburan akhir pekan Anda bersama keluarga di Air Terjun Nglirip menjadi lebih mengasyikkan, persiapkan perjalanan dengan baik dengan beberapa tips liburan berikut:

  • Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Putri Nglirip, terutama saat musim kemarau di mana airnya memiliki warna hijau tosca yang indah. Datanglah saat cuaca cerah agar Anda dapat menikmati pemandangan dan atmosfer terbaik selama berwisata di Air Terjun Putri Nglirip.
  • Gunakan pakaian yang sesuai dan nyaman untuk berfoto di Air Terjun Putri Nglirip. Pastikan outfit Anda mendukung aktivitas berwisata dan pengambilan foto yang menyenangkan.
  • Tetap berhati-hati selama liburan dan pentingnya menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Hal ini penting untuk menjaga keindahan alam dan kenyamanan bagi pengunjung lainnya yang berkunjung ke Air Terjun Putri Nglirip.

Semoga informasi ini berguna bagi teman-teman yang sedang mencari referensi untuk liburan di kota Tuban.

Informasi ini diharapkan dapat memberikan panduan yang bermanfaat bagi mereka yang ingin menjelajahi destinasi wisata di daerah tersebut.