Scroll untuk baca artikel
HeadlineWisata

Pesona Wisata Edukasi Pejambon, museum pertanian hingga replika rumah Majapahit

452
×

Pesona Wisata Edukasi Pejambon, museum pertanian hingga replika rumah Majapahit

Sebarkan artikel ini

Ada taman Bestari yang asri

Sumber: @pejambonbestari

Bojonegoro selain memiliki tempat wisata dengan keindahan alam hingga wisata religi, namun juga memiliki tempat wisata edukasi. Salah satunya adalah tempat Wisata Edukasi Pejambon (WEP). Wisata ini dibangun dari dana PIID PEL dari Kementrian Desa pada tahun 2019. Dana ini diberikan ke Desa Pejambon karena berhasil menjadi desa terbuka pada tahun 2018 lalu.

Di tempat wisata ini, anda tidak hanya dimanjakan pemandangan indah. Akan tetapi juga bisa banyak belajar tentang berbagai hal, diantaranya sejarah dan budaya. Seru banget deh.

Diresmikan Mendes PDTT

Wisata Edukasi Pejambon diresmikan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) bernama Abdul Halim Iskandar pda Jumat, 25 Semptember 2020 lalu.

Baca Juga:   Pesona Agro Tech Park, wisata edukasi yang indah dan nyaman

Banyak sekali fasilitas yang ada, selain itu pemandangan juga cukup bagus. Sehingga sangat cocok jika dijadikan tempat liburan bareng keluarga.

Museum Pertanian

Di Wisata Edukasi Pejambon memiliki museum pertanian. Museum ini memiliki fungsi untuk mengenalkan kepada masyarakat atau wisatawan bahwa pada jaman dahulu ada alat-alat pertanian yang kini sudah jarang dipakai.

Alat-alat ini kini tak terpakai karena perkembangan zaman dan kalah dengan alat-alat mesin. Alat-alat pertanian pada zaman dulu merupakan sumbangan dari masyarakat sekitar yang sangat mengapresiasi pengadaan museum ini untuk dijadikan tempat edukasi.

Pelestarian Budaya

Wisata Edukasi Pejambon ini juga bekerja sama dengan Lembaga Kebudayaan. Guna membuat tempat wisata ini menjadi tempat wisata seni dan budaya seperti pelestarian seni dan budaya yang kini perlahan tapi pasti sudah mulai terkikis keberadaannya.

Baca Juga:   Wisata Banyu Kuning, sensasi mandi air hangat di lereng pegunungan pandan 

Terkikisnya pelestarian seni dan budaya ini disebabkan karea kini peradaban teknologi informasi sudah semakin maju. Tempat wisata ini juga menjadi tempat belajar seni dan tari.

Mini Zoo

Meskipun tak banyak binatang yang berada di Wisata Edukasi Pejambon ini, namun dengan adanya mini zoo ini mampu memberikan nuansa yang berbeda. Aadanya mini zoo juga diharapkan mampu mewakili keinginan masyarakat Bojonegoro untuk melihat beberapa hewan yang biasa ditemui di kebun binatang yang lebih besar.

Replika Rumah Mojopahit

Di tempat wisata ini juga semakin lengkap dengan adanya Kampung Replika Mojopahitan. Rumah ini berikan rumah pada zaman dulu dengan masakan khas pada jaman Mojopahit dan barang replika dari peninggalan kerajaan Mojopahit.

Baca Juga:   5 Tempat wisata religi di Bojonegoro, cocok untuk menepi dari keramaian

Di Replika Rumah Mojopahit juga ada busana-busana zaman dulu yang biasa dipakai oleh kerajaan Mojopahit.

Taman “BESTARI”

Sumber: pejambon-bjn.desa.id/

Wisata ini tak afdol jika tak dilengkapi dengan keberadaan taman. Ya, Taman Edukasi Pejambon memiliki sebuah taman yang bernama BESTARI. BESTARI sendiri merupakan singkatan dari Bersih Sehat Tertata Rapi.

Kata BESTARI sendiri muncul karena menjadi gambaran dari semangat masyarakat dan pemerintah desa dalam mewujudkan tempat yang indah sehingga dapat digunakan untuk penghilang penat masyarakat Pejambon dan sekitarnya.

Tempat

Wisata Edukasi Pejambon ini berlokasi di Jalan RA. Kartini, Pejambon, Kecamatan Sumberjo, Kabupaten Bojonegoro.