Scroll untuk baca artikel
HeadlineWisata

Pesona Wisata Sumber Air Koso, segarnya mandi air pegunungan dengan alam indah

522
×

Pesona Wisata Sumber Air Koso, segarnya mandi air pegunungan dengan alam indah

Sebarkan artikel ini

Konon, siapa mandi di sini awet muda

Sumber web Ngawikab.id

Berada di daerah kaki gunung Lawu membuat Kabupaten Ngawi menghadirkan berbagai macam wisata alam. Udara yang sejuk serta pemandangan alam yang indah menjadikan referensi yang sangat cocok untuk keluarga yang sedang ingin berlibur.

Ngawi mempunyai sumber air yang cukup melimpah dan jernih. Salah satunya adalah Sumber Air Koso yang berlokasi di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Potensi sumber air yang masih asri tersebut kemudian dimanfaatkan oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) menjadi tempat wisata yang indah.

Sebelumnya dipenuhi cerita mistis

Banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat yang percaya bahwa siapa saja yang mandi akan awet muda. Selain itu tempat ini juga dijadikan sebagai tempat tradisi mensucikan gaman atau alat-alat pusaka. Dan juga pada hari tertenttu penduduk desa juga menggelar tradisi nyadran dan bersih desa yang dilakukan setahun sekali.

Baca Juga:   Wisata Omah Watu Ngawi, bangunan batu dengan arsitektur unik

Pada tahun 2016 Sumber Air Koso mengalami pembenahan dan menhilangkan kesan yang menyeramkan.

Berada di tanah milik perhutani, saat anda memasuki objek wisata tersebut akan disambut dengan deretan pohon pinus dan berbagai taman tanaman bunga hias yang menambah kesan dan sejuk diarea wisata.

Suasana kaki gunung Lawu yang dingin menyejukan akan membuat anda betah berlama-lama berwisata ditempat tersebut.

Sebagai objek wisata mata air tentu saja anda akan menemukan sebuah kolam dengan air bersih, jernih, dan sejuk yang melimpah. Di kolam tersebut juga terdapat berbagai ikan koi dengan beragam jenis dan warna yang bisa anda beri makan dengan pakan yang telah disediakan.

Baca Juga:   Istana Gunung Mas 27, Objek Wisata yang Instagramable dengan Harga Terjangkau

Mini Outbond dan Camping

Permainan mini Outbond pun dihadirkan bagi anda yang ssuka memacu adrenalin, seperti jambatan gantung, arena ketangkasan serta Flying Fox yang bisa anda mainkan.

Selain itu juga tersedia area camping, dengan memasang tenda menikmati suasana malam dialam gunung Lawu.

Tiket Masuk

Berada persis di dekat objek wisata kebun teh jamus, anda dapat menimati objek wisata ini dengan membayar tikat masuk sebesar Rp 5 ribu sebagai dana kebersihan.