Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

Keutamaan puasa Ramadhan dan manfaat kesehatan bagi tubuh menurut tuntunan Islam

391
×

Keutamaan puasa Ramadhan dan manfaat kesehatan bagi tubuh menurut tuntunan Islam

Sebarkan artikel ini

Bulan penuh pengampunan

Keutamaan puasa/Sumber: Pixabay

Puasa Ramadhan jika menurut syariat islam ialah sebuah amalan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan diri dari segala sesuatu berupa makan, minum dan perbuatan buruk. Itu semua dilakukan dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Namun itu semua juga harus disertai dengan niat karena Allah SWT dengan rukun dan syarat tertentu.

Menurut nu.or.id, puasa Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan. Penasaran apa saja? yuk intip.

1. Penghapusan Dosa

Bagi yang menjalankan puasa Ramadhan akan diampuni segala dosanya yang telah berlalu. Namun dengan catatan yakni jika puasanya dilakukan benar-benar karena keimanan dan hanya mengharapkan pahala dan ampunan dari Allah SWT.

Namun jika kita berpuasa hanya karena ingin mendapat pujian dari manusia, maka kita tak akan mendapatkan pahala tapi hanya mendapatkan haus dan lapar saja.

2. Memperbanyak Sedekah

Orang yang berpuasa pasti akan merasakan bagaimana rasanya menahan lapar dan haus. Dengan demikian, akan menimbulkan rasa untuk melakukan sedekah kepada sesama, apalagi kepada orang yang serba kekurangan.

Baca Juga:   8 Amalan Terbaik Tingkatkan Taqwa di Bulan Ramadhan

3. Mensyukuri Nikmat Tersembunyi

Kenikmatan akan makin terasa jika cara mendapatkannya melalui perjuangan. Semakin berat dan besar perjuangan, maka rasa kenikmatannya juga akan semakin besar. Bagi orang yang berpuasa, salah satu kenikmatan besarnya yakni saat berbuka puasa. Sebab sebelumnya telah menahan lapar dan haus sepanjang hari. Maka akan bersyukur atas kenikmatan yang dirasakan.

4. Mencegah Keinginan Maksiat

Pikiran orang akan cenderung akan lebih fokus pada waktu berbuka bagi orang yang sedang berpuasa. Sebab seharian menahan lapar dan haus dan menanti waktu berbuka puasa. Maka dari itu, pikiran yang negatif seperti berkeinginan melakukan maksiat akan berkurang karena fokusnya beralih ke buka puasa.

5. Memperbanyak Ketaatan

Tak hanya menimbulkan rasa empati, menahan lapar dan haus di siang hari saat berpuasa juga mengingatkan akan rasa lapar dan haus para penghuni neraka. Dengan begitu, ketaatan akan meningkat karena jangan sampai kelak masuk neraka.

Baca Juga:   Aturan membayar fidyah dan cara menghitungnya sesuai tuntunan Islam

6. Mengalahkan Syahwat

Nafsu atau syahwat dalam diri manusia akan lebih mudah untuk dikendalikan karena berkurangnya asupan makanan dalam tubuh. Akan mudah melakukan ketaatan dan mencoba sebaik mungkin untuk menjauhi perbuatan maksiat jika bisa mengendalikannya.

7. Mengangkat Derajat

Pada bulan Ramadhan, Allah SWT akan membuka seluruh pintu surga dan akan menutup pintu neraka. Maka dari itu, Allah SWT akan mengangkat derajat bagi orang yang melaksanakan puasa Ramadhan. Ini menjadi dorongan bagi umat muslim untuk melakukan perbuatan yang baik sebanyak-banyakya.

Puasa Ramadhan tak hanya memiliki banyak sekali keutamaan, namun ternyata puasa juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir pada dinkes.sumutprov.go.id berikut manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

1. Membuang Lemak dan Metode Diet

Orang akan memiliki pola makan yang lebih teratur jika sedang berpuasa seperti saat sahur dan berbuka puasa. Tak hanya itu, orang yang berpuasa banyak memakan makanan yang berserat, dan bervitamin. Dengan demikian akan mengurangi ketosis dan lemak.

Baca Juga:   Rukyatul hilal 1 Ramadhan 1443 digelar di 101 lokasi, ini titik-titiknya

2. Awet Muda dan Memperpanjang Umur

Dari sejumlah penelitian menjelaskan bahawa puasa memiliki manfaat dapat menghambat -penuaan dan bahkan memperpanjang umur. Ini semua karena jika komposisi darah yang lebih baik maka dapat mencegah penuaan dan kesehatan lebih baik.

3. Menurunkan Gula Darah

Puasa juga memiliki manfaat bisa menurunkan kadar gula darah. Bahkan gula darah yang berhasil diturunkan hingga 30%. Ini adalah hasil yang cukup signifikan bagi orang yang tengah menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Ketika sedang berpuasa, orang biasanya cenderung mengurangi makan dengan kandungan garam secara signifikan pada tubuh. Hal itu juga bisa berdampak baik guna dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.