Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

6 Hikmah puasa Ramadhan, bersihkan jiwa dan pelebur dosa

346
×

6 Hikmah puasa Ramadhan, bersihkan jiwa dan pelebur dosa

Sebarkan artikel ini

Bulan penuh berkah

Sumber: Pixabay

Puasa Ramadhan adalah salah satu amalan yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Puasa ialah menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu yang dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Bagi umat muslim, puasa Ramadhan memiliki hikmah yang sangat besar. Hikmah puasa Ramadhan juga telah disebutkan dalam sejumlah hadist. Membentuk kepribadian umat Muslim menjadi manusia yang bertakwa melupakan salah satu hikmah puasa Ramadhan yang paling utama.

Penasaran? berikut beberapa hikmah puasa Ramadhan.

1. Membersihkan Jiwa

Puasa Ramadhan mampu membersihkan jiwa dari manusia dari sifat dusta. Tak hanya itu, puasa Ramadhan juga mampu menahan manusia untuk tidak makan dan minuman yang tidak halal. Puasa Ramadhan juga merupakan ibadah yang rahasia, sebab yang mengetahui hanya hamba dengan Tuhannya.

Baca Juga:   Makna puasa Ramadhan, Menag: hindari sombong dan mengganggap diri paling benar

2. Menjadi Orang Bertakwa

Banyak jalan untuk mendapatkan derajat takwa di sisi Allah SWT salah satunya dengan berpuasa Ramadhan. Seperti dalam firman Allah SWT yang memiliki arti “Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183).

3. Kesehatan Badan

Hikmah puasa juga dijelaskan dalam sisi medis. Ternyata banyak penyakit yang bisa sembuh dengan berpuasa. Apalagi penyakit yang ada hubungannya degan perut yang merupakan jenis penyakit sering diderita manusia. Pencernaan diperut yanng sedang diistirahatkan saat berpuasa mampu membetulkan organ tubuh yang sebelumnya rusak.

4. Mengajarkan Solidaritas

Puasa Ramadhan juga dapat mengajarkan kepada manusia agar lebih peduli dengan sesama dan banyaklah bersedekah. Ternyata rasa haus dan lapar saat menjalankan puasa mampu meningkatkan solidaritas sosial, apalagi terhadap orang miskin yang sedang tertimpa kesulitan dan anak yatim.

Baca Juga:   Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya, Penuh Berkah

5. Sabar

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan dimana manusia dilatih untuk bersabar. Jika biasanya kerap membicarakan orang lain, di bulan Ramadhan dilatih untuk menghindarinya. Puasa Ramadhan juga melatih fikiran dan ketenangan batin yang akan juga berpengaruh pada kehidupan sehari-hari dan kesehatan fisik.

6. Sebagai Pelebur Dosa

Ternyata puasa Ramadhan juga memiliki hikmah sebagai pelebur dosa, namun dengan syarat menjalankannya dengan penuh keimanan. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya “Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari Muslim).