Scroll untuk baca artikel
Kabar

5 Cara mengatasi speaker iPhone bunyi kresek

4524
×

5 Cara mengatasi speaker iPhone bunyi kresek

Sebarkan artikel ini

Tetap tenang

Sumber: Pixabay

iPhone sering kali memiliki penyakit speaker sember atau suaranya yang pecah. Sembernya suara yang keluar dari iPhone memiliki berbagai sebab seperti terendam air, terbentur benda keras, terjatuh dari ketinggian, hingga memang komponen speaker iPhone yang telah usang dan mulai rusak.

Biasanya akan terasa saat kita memutar video di YouTube atau sebuah lagu dengan volume sedang dan keras. Namun tak jadi masalah jika saat mendengarkan musik dengan volume pelan. Sebab saat volume maksimal akan terasa dan amat bikin tak nyaman di telinga. Ingin tahu cara mengatasinya? yuk intip.

1. Bersihkan lubang speaker

Lubang speaker biasanya kemasukan debu atau air. Hingga speaker akan tersumbat dan menjadi pecah akibat debu dan kotoran yang terselip di speaker. Caranya silahkan bersihkan lubang spekaer iPhone kalian mengunakan kuas kecil atau sikat gigi yang halus agar tidak merusak speaker. Bersihkan secara perlahan dan sabar. Jika sudah dirasa bersih, coba cek kembali suaranya.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Nomor WhatsApp Diblokir oleh Pihak WhatsApp

2. Keringkan speaker iPhone

Jika speaker iPhone suaranya pecah atau sember akibat terendam air, maka langkah pertama yang harus dilakukan yakni pastikan iPhone kalian sudah kering. Terutama pada bagian speaker yang terendam air. Sebab air yang berada di speaker dapat mengganggu suara yang dihasilkan oleh speaker sehingga suaranya akan pecah atau sember.

3. Restart iPhone

Cara ketiga yakni coba restart iPhone kalian. Caranya yakni dengan mematikan iPhone terlebih dahulu beberapa saat, kemudian nyalakan kembali. Setelah itu coba kembali putar musik di iphone kalian, apakah sudah tidak sember atau masih.

4. Update iOS

Jika cara di atas tidak ada perubahan yang berarti, coba dengan mengupdate iOS ataupun meningkatkan manajemen daya pada iPhone kalian. Cara untuk update iOS pada iphone kalian ke versi terbaru yakni melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Namun sebelum itu pastikan bahwa baterai iphone kalian masih diatas 50% agar tidak terjadi kesalahan pada saat update dan juga gunakan Wi-Fi dengan internet yang stabil.

Baca Juga:   Cara Memindah Pesan WhatsApp dari Android ke iPhone, Ketahui Syaratnya

5. Speaker iPhone rusak

Jika cara di atas sudah dicoba dengan semaksimal mungkin namun belum menemui perbaikan yang berarti, ini menandakan jika ada kerusakan pada komponen speaker pada iPhone kalian. Meskipun hal ini jarang sekali terjadi, namun rusaknya komponen speaker bisa saja menjadi masalah yang serius. Jika sudah begini, maka hal yang harus dilakukan yakni mengganti speaker iPhone. Silahkan bawa iPhone kalian ke Authorized Service Center Apple yang berada di daerah terdekat, atau bisa juga garansikan jika masih dalam masa garansi.

Berikut informasi cara bagaimana memperbaiki suara speaker pada iPhone yang pecah atau sember sehingga suara yang dihasilkan tidak jelas.