Scroll untuk baca artikel
Kabar

Cerita Hasna Nur Shadrina, mahasiswa termuda ITS di usia 15 tahun

251
×

Cerita Hasna Nur Shadrina, mahasiswa termuda ITS di usia 15 tahun

Sebarkan artikel ini

Tak percaya menjadi mahasiswa termuda

Sumber: dikti.kemdikbud.go.id

Hasna Nur Shadrina belakangan sukses mencuri perhatian publik. Sebab dirinya dinobatkan sebagai mahasiswa termuda pada tahun akademik 2022/2023 pada pengukuhan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Seperti yang diketahui, Hasna menyandang mahasiswa termuda tahun akademik 2022/2023 di usia 15 tahun 5 bulan. Dirinya mengaku sempat tidak percaya jika dirinya dapat masuk di kampus ITS lewat jalur seleksi mandiri.

“ITS merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia, jadi pasti banyak diincar teman-teman muda Indonesia” ungkap Hasna seperti yang dikutip dari dikti.kemendikbud.go.id.

Hasna mengatakan jika dirinya sukses menjadi mahasiswa termuda saat ini karena program akselerasi yang pernah diikutinya saat masa sekolah. Program akselerasi tersebut ia jalani saat duduk di bangku SD dan SMP.

Baca Juga:   Megawati Kasihan Kepada Jokowi, Ini Respon Relawan Jokowi

Ternyata Husna pernah gagal dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), namun tak menyurutkan semangatnya, dirinya kembali mencoba beberapa jalur seleksi masuk yang lainnya.

Dirinya menceritakan saat bersekolah di SMA Harapan Bangsa Tangerang, dirinya menjalani rutinitas yang sama dengan apa yang dijalani oleh siswa lain. Meski pembelajaran sempat kurang efektif saat adanya pandemi, namun dirinya tetap menjalani segala kegiatan sekolah dengan sungguh-sungguh.

Hasna mengatakan jika dirinya tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang kini telah diraihnya sebagai mahasiswa ITS. Apalagi dirinya juga termasuk mahasiswa yang jauh-jauh merantau ke Surabaya. Seperti diketahui, Hasna merupakan seorang remaja yang berasal dari Tangerang.

“Belum ada rencana yang spesifik kedepannya, tetapi ingi cepat lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan dan melanjutkan S2 ke luar negeri” imbuhnya.