Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

BLT Rp 600.000 mulai di bagikan lewat kantor Pos pada 1 September 2022

315
×

BLT Rp 600.000 mulai di bagikan lewat kantor Pos pada 1 September 2022

Sebarkan artikel ini

3 Golongan penerima BLT

Sumber: @kcu_bandarlampung

Pada Kamis, 1 September 2022, pemerintah telah memulai pencarian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600.000 kepada masyarakat yang membutuhkan yakni Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Tujuan Bantuan Sosial (Bansos) ini diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat sebagai salah satu antisipasi dari dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Anggaran yang telah disiapkan pemerintah untuk bantuan sosial yakni sebesar Rp 24,17 triliun. Dana tersebut diantaranya akan dialokasikan untuk Bansos dalan bentuk BLT.

BLT tersebut akan diberikan kepada 20,65 juta KPM senilai Rp 600.000. Kata Faizal R. Djoemadi yang merupakan Direktur Utama PT Pos Indoensia telah menerima 1,5 juta data penerima BLT. BLT sendiri akan disalurkan lewat akntor pos di seluruh Indoensia.

Baca Juga:   PMB UNUGIRI masuk gelombang 3, prodi Teknik Informatika banyak diincar

“Kami juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak luar, seperti merekrut mahasiswa dan masyarakat sebagai tenaga juru bayar,” ujarnya yang dikutip dalam keterangan resmi.

PT Pos juga akan menggadeng pemerintah daerah, dinas sosial, aparat setempat. “Agar penyaluran bisa cepat dan aman,” tambahnya.

Pemerintah juga akan memeberikan bantuan Rp 600.000 kepada 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimal Rp 3,5 juta.

Adapun penerima Bansos ini akan ditentukan berdasarkan data yang diperoleh dari Kementrian Ketenagakerjaan.

“Nanti Ibu Menteri Ketenagakerjaan akan segera menerbitkan petunjuk teknisnya, sehingga bisa langsung dilakukan pembayaran kepada para pekerja tersebut,” kata Sri Mulyani indrawati.

Tak hanya itu, pemerintah juga berencana akan menggelontorkan bantuan subsidi untuk sektor transportasi.