oleh

Mobil Formula bikinan mahasiswa UGM siap berkompetisi di FSN Belanda

Desain terbaru generasi 11

Mobil balap bikinan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan berlaga pada ajang Formula Student Netherlands (FSN) di Sirkuit TT Assen, Belanda, pada 9-14 Juli 2022. Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Suharyadi, melepas tim Bimasakti UGM untuk berlaga dalam kompetisi tersebut, Senin (20/6/2022).

Kompetisi FSN adalah kompetisi yang menguji kemampuan tim mahasiswa untuk memahami, merancang, mengarang, mengembangkan, dan bersaing dengan mobil balap bergaya formula. Mobil formula ini merupakan generasi ke-11 yang didesain oleh tim Bimasakti yang didirikan sejak 2010 lalu.

“Yang lebih penting bagaimana ini tim bisa mempelajari prosesnya sebagai pembelajaran yang kita peroleh. Karena proses non akademis sangat berguna ketika Anda sudah lulus dan bekerja nantinya,” kata Suryadi sebagaimana dikutip dari laman remsi UGM.

2 Tahun persiapan

Aditya Maheranta selaku ketua Tim Bimasakti mengatakan selama dua tahun terakhir tim Bimasakti melakukan persiapan cukup matang menyiapkan desain mobil formula setelah dua tahun vakum karena pandemi. “Kami memperhatikan pentingnya hal teknis, taktis dan anggaran agar kita bisa berlaga di Eropa,” ujarnya.

Meski tidak menargetkan untuk menjadi juara pertama dalam kompetisi tersebut, namun tim tetap bersemangat untuk memberikan hasil yang terbaik untuk mengharumkan nama Indonesia dalam kancah internasional. “Kita tidak mewakili tim Bimasakti saja, namun membawa nama bangsa Indonesia,” katanya.

Berita Terkait