Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

Google tampilkan doodle Mangkuk Ayam Jago, Ini artinya

255
×

Google tampilkan doodle Mangkuk Ayam Jago, Ini artinya

Sebarkan artikel ini

Penuh sejarah

Baru-baru ini ada tampilan baru pada situs pada pencarian sebab Google menampilkan doodle mangkuk ayam jago. Seperti diketahui, mangkuk ayam jago tersebut sangat khas dan cukup terkemal di Indonesia. Sebab sangat umum digunakan oleh penjual bakso dan mie ayam.

Namun tak banyak yang mengetahui jika mangkuk ayam jago bukan berasal dsei Indonesia. Mangkuk ayam jago ini pertama kali diimport ke Thailand dari China.

Tampak doodle tersebut memperlihatkan mangkuk dengan warna putih ada ayam jantan berekor hitam dan ada daun pisang serta bunga peony.

Mangkuk ayam jago ini banyak digunakan oleh banyak negara di Asia. Ayam jago tersebut melambamgkan kerja keras, daun pisang dan poeny merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Baca Juga:   Ngeri, Kakek Ini Cuci Muka Pakai Air Panas

“Pada 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah yang penuh dengan mineral lempung itu lebih cocok untuk pembuatan keramik,” tulis google pada laman doodle.

Meski Lampang masih terus memproduksi mangkuk legendaris ini, namun tak banyak pabrik yang bisa mendesain mangkuk ayam jago sesuai dengan gaya dan bahan tradisional.