Scroll untuk baca artikel
Kabar

8 Cara Mengatasi Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

288
×

8 Cara Mengatasi Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

Sebarkan artikel ini

Bisa dilakukan mandiri

Sumber: Pixels

Jika sedang sakit atau mengalami masalah, tubuh akan terasa lemas. Namun tak menutup kemungkinan badan lemas setelah sembuh dari sakit. Hal tersebut wajar karena sistem kekebalan tubuh tengah dalam proses pemulihan setelah berjuang melawan serangan virus, dan bakteri.

Tak perlu cemas dan khawatir. Sebab dengan penanganan yang tepat dan cepat, anda dapat menjadi segar dan sehat kembali. Cara ini terbilang aman karena tidak ada efek samping.

Berikut cara mengatasi badan lemas usai sembuh dari sakit.

1. Minum air yang cukup

Dengan meminum air yang cukup dapat mengatasi badan lemas usai sembuh dari sakit. Cara ini cukup efektif agar anda lebih bugar. Air adalah salah satu di antara obat terbaik untuk memulihkan diri usai sakit dan cepat mengembalikan kebugaran tubuh.

Baca Juga:   Cara Mudah Download Foto Instagram di Android

Air putih sendiri bermanfaat untuk mengaktifkan kembali dari sistem tubuh yang melemah saat sakit. Tak hanya itu, dehidrasi adalah salah satu dari beberapa keluhan yang paling sering menyebabkan badan jadi lemas.

2. Olahraga ringan

Meski dalam masa pemulihan anada dianjurkan untuk mengurangi aktivitas fisik, namu bukan berarti anda dilarang untuk berolahraga. Sebab olahraga bisa menjadi sebuah cara untuk mengatasi badan lemas seusai sakit.

Namun jangan memilih olahraga yang berat, pilihlah olahraga yang ringan saja. Salah satu olahraga ringan yang dapat anda lakukan adalah yoga.

3. Mengelola stres

Stres sendiri dapat memengaruhi kondisi fisik dan juga berkaitan dengan pemulihan kesehatan. Ada berbagai cara untuk mengendalikan stres seperti meditasi, melakukan hobi, latihan pernapasan dalam, dll.

Baca Juga:   Cara Membuat Avatar di WA, Ketahui Cara Menghapusnya

4. Berjalan di bawah sinar matahari pagi

Berjalan di luar rumah sembari berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan mood dan juga kemampuan memori. Tak hanya itu, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga membantu meningkatkan sistem imun dan juga mengandung banyak vitamin D.

5. Makan makanan bergizi

Makan makanan bergizi dapat meningkatkan stamina agar tubuh kembali bugar. Contoh makanan bergizi yakni buah dan sayur. Asupan nutrisi yang baik dan tepat dapat membantu sistem imunitas tubuh segera pulih agar dapat membangun perlindungan tubuh dari serangan virus dan bakteri. Hindari makanan olahan seperti gula dan pemanis buatan.

6. Mengontrol aktivitas

Jika selama sakit anda merasa mudah lelah dan berbaring terus menerus, namun jika sudah pada masa pemulihan sebaiknya mengontrol aktivitas sehari-hari agar tidak sakit kembali. Yang terpenting yakni harus dapat menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas yang berat.

Baca Juga:   Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi di Android, Mudah dan Praktis

7. Tidur yang berkualitas

Tidur yang dianjurkan yakni selama 7-8 jam sehari pada malam hari. Sebab saat tidur, energi yang berada dalam tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan pada jaringan serta sel tubuh lebih maksima;. Meski sering berbaring saat sakit, namun usahakan untuk tetap mengatur pola tidur dengan baik.

8. Gaya hidup sehat

Cara yang terpenting dalam mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit yakni mengubah gaya hidup ke yang lebih sehat. Sebab hidup yang tidak sehat akan menghalangi proses penyembuhan dan meningkatkan resiko penyakit lainnya.