Scroll untuk baca artikel
UMKM

Cerita UMKM Bojonegoro Ikuti Pameran Dekranas Ke-44 di Pura Mangkunegaran, Produk Makin Dikenal

25
×

Cerita UMKM Bojonegoro Ikuti Pameran Dekranas Ke-44 di Pura Mangkunegaran, Produk Makin Dikenal

Sebarkan artikel ini

 

Pada Pameran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ke-44 yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, produk unggulan UMKM Bojonegoro mendapatkan perhatian besar dari pengunjung. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (16/5/2024) ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas Pusat yang ke-44 dengan tema “Tumbuh Bersama, Memajukan Warisan Bangsa”.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Bojonegoro, Ninik Susmiati, mengungkapkan bahwa Dekranasda terus berkomitmen untuk mendukung UMKM lokal. Melalui partisipasi dalam pameran ini, mereka berharap produk-produk Bojonegoro dapat lebih dikenal luas. Ninik menyatakan, “Selain untuk memajukan kesejahteraan UMKM lokal Bojonegoro, melalui produk-produk UMKM Bojonegoro, baik batik, makanan olahan, maupun kerajinan kayu, kita berupaya untuk ikut melestarikan budaya bangsa.”

Baca Juga:   Pertamina fasilitasi pendaftaran UMKM di INACRAFT 2022, ajang promosi bergengsi

Stan Bojonegoro yang dikelola oleh Dekranasda menampilkan berbagai produk unggulan khas daerah seperti kerajinan kayu jati, batik painting, batik tulis, ecoprint, dan olahan makanan khas daerah. Produk-produk ini tidak hanya menarik perhatian karena keunikan dan kualitasnya, tetapi juga karena nilai budaya yang dikandungnya.

Salah satu pengunjung pameran, Suwartini, mengungkapkan ketertarikannya pada produk olahan kelor dari stan Bojonegoro. Ia menyatakan bahwa produk tersebut tidak hanya unik, tetapi juga mengobati rasa rindunya pada Provinsi Jawa Timur. “Saya tertarik produk olahan kelor dari stan Bojonegoro, selain unik saya kangen Jawa Timur,” tuturnya.

Dekranasda Bojonegoro secara konsisten mendukung dan mempromosikan produk unggulan daerah melalui partisipasi dalam pameran-pameran berskala nasional. Ini tidak hanya membuka peluang pasar yang lebih luas bagi para pelaku UMKM, tetapi juga menjadi ajang belajar dan bertukar pengalaman dengan daerah lain.

Baca Juga:   UMKM di Bojonegoro Bisa Urus NIB Gratis, Ini Jadwal Pendampingan di Desa

Kehadiran UMKM Bojonegoro di Pameran Dekranas Ke-44 ini juga sejalan dengan salah satu program Pj Bupati Adriyanto dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro. Melalui pemberdayaan UMKM, diharapkan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan warisan budaya dapat terus dilestarikan.

Pameran Dekranas Ke-44 ini menjadi bukti nyata bagaimana produk-produk lokal yang dipamerkan tidak hanya berfungsi sebagai komoditas ekonomi, tetapi juga sebagai sarana untuk menjaga dan memajukan warisan budaya bangsa. Stan Dekranasda Bojonegoro dengan produk-produknya yang diminati pengunjung menjadi salah satu highlight penting dalam pameran tersebut, menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh UMKM Bojonegoro.