Scroll untuk baca artikel
Otokita

4 Risiko Membeli Mobil Bekas Banjir

171
×

4 Risiko Membeli Mobil Bekas Banjir

Sebarkan artikel ini

Perhatikan dampaknya

Mobil kebanjiran/sumber: pixabay

Menginginkan mobil bekas yang minim PR atau perbaikan merupakan keinginan semua orang yang akan memiliki kendaraan.

Mobil bekas banjir tentu memiliki harga yang sangat miring. Harga yang murah menjadi pertimbangan sangat menarik bagi siapapun yang ingin mempunyai sebuah mobil.

Namun perlu diperhatikan dengan sangat bahwa mobil bekas banjir tentu memiliki risiko yang cukup tinggi dan bisa saja membuatmu mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk perbaikan.

Berikut beberapa risiko yang bisa terjadi bila membeli mobil bekas banjir.

1. Memiliki Bau Tak Sedap

Menjadi salah satu ciri yang sederhana bahwa mobil tersebut memiliki bau apek yang diakibatkan dari air banjir yang merendam mobil selama berhari-hari. Bau tersebut tentunya akan mengurangi rasa nyaman dari kendaraan.

Bau tersebut biasanya dapat disamarkan jika pemiliki sebelumnya melakukan perbaikan secara optimal, namun bau yang khas tersebut takkan mungkin hilang walapun telah diberikan parfum.

2. Mobil berkarat di mana-mana

Mobil tentu saja akan berkarat seiring berjalannya waktu. Namun pada mobil bekas banjir karat tersebut akan timbul dimana-mana walau pada baut sekalipun.

Karat ini sangat memiliki bahaya yang cukup besar bila dibiarkan. Karat ini biasa banyak terdapat di beberapa bagian interior dan dibawah kolong dashbord yang akan menggangu pandangan.

3. Kerusakan sistem elektronik

Tentu saja mobil yang terendam air selama berhari-hari bisa saja merusak sistem elektronik pada kendaraan.

Hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang fatal bila terjadi suatu kerusakan dan total biaya perbaikannya lebih mahal dari harga mobil bekas yang normal sekalipun.

Selain itu jika dibiarkan bisa saja kerusakan semakin meluas dan akan mengganggu kamu saat berkendara.

4. Kerusakan mesin

Bila banjir merendam hingga ke bagian mesin, hal fatal kapan saja bisa menghantui kendaraanmu. Walaupun pemilik sebelumnya mengatakan sudah dilakukan perbaikan pada mesin. Tentu saja mobil bekas banjir tidak akan menjadi normal seperti sedia kala dan kerusakan bisa datang kapan saja.