Scroll untuk baca artikel
HeadlineOtokita

3 Hal Penting Perlu Diperhatikan saat Ganti Ban

221
×

3 Hal Penting Perlu Diperhatikan saat Ganti Ban

Sebarkan artikel ini

Perjalanan nyaman

Ban/Sumber: Pixabay

Ban merupakan suatu komponen yang memiliki masa pakai dan akan aus atau rusak seiring berjalannya waktu. Ban yang telah habis masa pakai atau sudah halus akan mengurangi kenyamanan dan juga dapat membahayakan kendaraan.

Namun penggantian ban tidak hanya mengganti ban saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu sedang melakukan pergantian ban.

1. Perhatikan Ukuran dan Jenis Ban

Saat sedang melakukan pergantian sebaiknya ukuran dan jenis ban haruslah seragam. Tak masalah bila berbeda merk, namun jenis dan ukuran berbeda dapat mengurangi kenyamanan dan sulit untuk dikendalikan.

2. Ganti Ban Sepasang

Sebaiknya lakukanlah penggantian ban sepasang baik sepasang depan ataupun sepasang bagian belakang. Bila hanya satu saja yang diganti, maka akan mengurangi daya cengkram terhadap ban yang sudah gundul sehingga akselerasi yang tidak seimbang dan berbahaya saat berkendara.

Baca Juga:   Spesifikasi Uwinfly T3, Punya Desain Bak Vespa

3. Penempatan Ban

Biasanya penggguna kendaraan seringnya mengganti ben hanya sepasang depan saja dengan alasan kenyamanan berkendara. Namun jangan sepelekan roda belakang mengalami kerusakan juga dapat berakibat fatal.