oleh

5 Ciri Alternator Mobil Rusak Yang Perlu Diketahui

Daya listrik berkurang

-Kabar, Otokita-1586 Dilihat

Sering kali terjadi kerusakan pada bagian mobil secara tiba-tiba. Memang hal ini sangat wajar terjadi walau telah melakukan treatment perawatan mobil yang maksimal.

Sama halnya dengan komponen alternator atau dinamo ampere yang merupakan komponen untuk menghasilkan listrik dari energi kinetik pada mobil.

Bila alternator ini rusak maka suplai listrik dalam kendaraan akan mengalami gangguan bahkan mobil bisa mogok. Berikut merupakan ciri dari kerusakan pada alternator mobilmu.

1. Lampu Indikator Menyala

Hal yang akan muncul pertama sebagai tanda peringatan adalah indikator pada panel instrumen akan menyala. Pada hal ini kerusakan bisa saja langsung merujuk pada bagian aternator, sebab jika indikator ini menyala maka kemungkinan listrik pada mobilmu hilang atau tidak stabil.

2. Timbul Suara

Biasanya saat terjadi kerusakan pada alternator akan timbul bunyi-bunyian kasar yang cukup terdengar telinga dan selain itu biasanya terdengar suara decitan yang biasa terjadi saat pulley pada alternator telah oblak seiring berjalannya waktu.

3. Lampu Menjadi Redup

Hal ini terjadi saat alternator tidak mampu menyuplai listrik ke bagian lampu secara cukup. Lampu yang kurang terang tentnya akan mengganggu jarak pandang kita dan bila dibiarkan lama kelamaan mobil akan mogok akibat kehabisan daya listrik.

4. AC Tidak Dingin

Kerusakan pada alternator juga berpengaruh besar pada sistem punyejuk udara mobil. AC mobil akan kekurangan alirsan listrik yang cukup sehingga tidak mampu menyemburkan udara dingin secara optimal.

5. Starter Sulit

Kejadian sulit distart biasanya juga disebabkan oleh alternator mengalami kerusakan. Di mana saat mesin hidup suplai listrik pada aki mengalami kekurangan sehingga daya simpan pada aki tidak terisi secara maksimal.