Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

4 Penyebab Rem Motor Keras dan Kurang Pakem

275
×

4 Penyebab Rem Motor Keras dan Kurang Pakem

Sebarkan artikel ini

Terasa tidak nyaman

Hal ini sangat lumrah terjadi pada motor yang memiliki rem cakram pada bagian roda. Hendel terasa lebih keras serta pengereman menjadi tidak pakem membuat rasa berkendara menjadi tidak nyaman dan terganggu.

Masalah tersebut sebaiknya jangan biarkan terlalu lalu lama sebab dapat membahayakan kamu dalam perjalanan. Namun sebelum itu sebaiknya kenali beberapa penyebab hendle rem motormu terasa berat dan tidak pakem berikut ini.

1. Kotoran

Saat berkendara pastinya partikel-partikel debu dan kotoran akan menempel pada sisi motor terlebih pada bagian piringan cakram. Bila hal itu dibiarkan menumpukterus lama, kotoran tersebut akan menempel kebagian sisi kaliper yang nantinya membuat kinerja rem menjadi tidak optimal dan kurang pakem.

Baca Juga:   Cara Mengetahui Kontak yang Sering Berinteraksi di WhatsApp

2. Minyak Rem Berkurang

Pastikan untuk selalu mengecek volume minyak rem motor kamu. Bila terdapat kerkurangan hal tersebut akan membuat hendle rem menjadi lebih keras dan sulit untuk rem bekerja secara maksimal.

3. Seal Rusak

Seal tersebut merupakan komponen berbahan karet yang akan getas dan mengeras seiring berjalannya waktu. Bila hal tersebut terjadi maka minyak rem akan merembes keluar dan bahkan selang pada saluran pengereman kemasukan angin yang akan menjadikan keras saat terjadi pengereman.

4. Kampas Rem Tidak Rata

Banyak faktor yang membuat kampas rem menjadi tidak rata. Saat kampas rem sudah tidak rata, tentunya pengereman menjadi tidak pakem dan hal tersebut dapat berbahaya bila saat mengerem secara mendadak.