Scroll untuk baca artikel
HeadlineOlahraga

Kenapa Gol Kedua Jepang Sah?

658
×

Kenapa Gol Kedua Jepang Sah?

Sebarkan artikel ini

Sesuai aturan

Jepang sukses menaklukan Spanyol dan memastikan lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E Piala Dunia 2022. Pertandingan yang digelar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, berjalan sangat menarik. Meski hanya mampu menguasai bola 17% saja, dengan semangat juang yang tinggi membuat Jepang dapat menang dari Spanyol dengan skor 2-1.

Kemenangan Jepang atas gol yang dicetak oleh Ritsu Doan (48′) dan Ao Tanaka (51′). Sedangkan Spanyol hanya mampu mencetak satu gol lewat Alvaro Morata pada menit ke-11.

Pada gol kedua sempat terjadi polemik. Sebab gol yang dicetak Ao Tanaka sebelumnya dianulir karena wasit mengira bola sudah keluar lapangan sebelum bola disodorkan oleh Kaoru Mitoma.

Baca Juga:   Luis Milla Bocorkan Resep Kemenangan Dari Madura United

Namun Wasit mendapatkan sinyal dari VAR dan ternyata VAR memutuskan jika gol tersebut sah karena bola belum keluar lapangan dan dinyatakan sebagai bola aktif.

“Sepak bola adalah permainan tentang milimeter. Ini adalah momen proses gol kedua Jepang yang sudah ditinjau secara intens dengan VAR. Mitoma masih bisa menjaga bola tetap hidup,” terang FIFA.

Hal ini merujuk pada peraturan dalam Laws of the Game 2022/2023 nomor sembilan dari Internasional Football Association Board (IFAB) yang mengatakan “Bola keluar dari permainan ketika sepenuhnya melewati garis gawang atau garis sentuh, baik di tanah atau di udara”.

Untuk gol yang dicetak Tanaka, tampak bola masih ada beberapa kecil bagian yang masih berada di dalam garis permainan dan membuat gol tersebut tetap sah.