Scroll untuk baca artikel
Wisata

5 Masjid megah dan indah di Bojonegoro, ada peninggalan laskar Pangeran Diponegoro

575
×

5 Masjid megah dan indah di Bojonegoro, ada peninggalan laskar Pangeran Diponegoro

Sebarkan artikel ini

Masjid Al-Birru berkubah emas

Sumber: @rabindra

Masjid adalah tempat ibadah bagi orang yang beragama Islam. Namun selain menjadi tempat ibadah, masjid juga kerap dijadikan tempat wisata religi. Ini semua disebabkan karena kini bangunan masjid kebanyakan memiliki arsitektur yang unik dan menarik, sehingga sangat cocok dijadikan wisata religi.

Bojongeoro sendiri memiliki banyak masjid yang memiliki nilai arsitektur dan sejarah yang unik. Penasaran masjid apa saja? Berikut adalah masjid besar yang berada di Bojongeoro.

1. Masjid Agung Darussalam

Sumber: @sfiachoirnnsa

Masjid Agung Darussalam dibangun pada tahun 1825 dan termasuk masjid tertua di Bojongeoro. Masjid yang dibangun di atas tanah wakaf tokoh Laskar perang Pangeran Diponegoro yakni Patih Pahal ini dulunya merupakan pusat pasukan Pangeran Diponegoro.

Baca Juga:   Wisata Kahyangan Api Bojonegoro, legenda pembuatan keris era Majapahit

Dulu bangunan Masjid Agung Darussalam sederhana dengan pondasi dari bebatuan dan bangunannya dari kayu.

Kini masjid ini memiliki arsitektur yang unik, sebab memiliki menara yang tak biasa. Menara Masjid Agung Darussalam ini berbentuk spiral dan memiliki nilai artistik dan keunikan yang khas.

Bahkan masjid ini dipenuhi lampu dari kristal sehingga menambah nilai artistiknya. Masjid Agung Darussalam bertempat di Jalan Hasyim Asyari, Kauman, Kecamatan Bojongeoro, Kabupaten Bojongeoro.

2. Masjid At-Taqwa

Sumber: @Wasi Widayadi

Masjid At-Taqwa bertempat di Kadipaten, Kecamatan Bojongeoro, Kabupaten Bojongeoro ini memiliki keunikan tersendiri. Selain digunakan untuk beribadah, masjid ini juga digunakan untuk acara pernikahan atau wedding sebab lokasinya yang strategis.

Masjid At-Taqwa memiliki dua lantai dengan adanya aula yang sering dipakai pernikahan maupun acara yang lain.

Baca Juga:   5 Tempat wisata religi di Bojonegoro, cocok untuk menepi dari keramaian

3. Masjid Baabus Shofa

Sumber: @rabindra

Masjid Baabus Shofa ini memiliki desain bangunan yang berbeda dari desain masjid pada umumnya. Sebab di masjid ini tidak ada tembok atau dinding yang mengelilingi bangunan masjid. Sehingga masjid ini terbuka.

Masjid Baabus Shofa beralamatkan di Jalan Basuki Rahmat, Sukorejo Lor, Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Letaknya sangat strategis karena dekat dengan kampus Universitas Nahdlatu Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro dan juga dekat dengan stasiun Bojonegoro.

4. Msjid Islamic Centre

Sumber: @bojonegorovisual

Masjid Islamic Centre ini selain digunakan untuk beribadah umat muslim, juga dapat digunakan untuk acara pernikahan. Karena di samping masjid, terdapat tempat atau bangunan yang cukup luas dan strategis. Selain pernikahan juga sering dijadikan tempat pameran buku.

Baca Juga:   Tiket Masuk Wego Lamongan, Punya Banyak Wahana yang Menyenangkan

Masjid ini beralamatkan di Jalan Panglima Polim No.34, Sumbang Kidul, Sumbang, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro.

5. Masjid Al Birru

Sumber: @ahmadmmukarom468

Masjid yang juga disebut Al Birr ini memiliki kubah emas yang membuat masjid ini tampak sangat indah. Masjid Al Birru ini beridiri pada tahun 2012 dan di resmikan pada tanggal 25 Januari 2014 oleh Bupati Bojonegoro saat itu yakni Drs. Suyoto, M.si.

Masjid ini juga kerap dijadikan tempat wisata religi, meskipun begitu, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Masjid Al Birru bertempat di Jalan Raya Dander No.10, Nemon, Dander, Bojonegoro.