Scroll untuk baca artikel
HeadlineOtokita

Motor Listrik Brt: Kelengkapan dan Harga

794
×

Motor Listrik Brt: Kelengkapan dan Harga

Sebarkan artikel ini

Murah meriah

Motor Listrik Brt: Kelengkapan dan Harga
Sumber: Instagram

Motor Listrik Brt: Kelengkapan dan Harga – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus menerus menimbulkan tren lain di dunia otomotif, yaitu munculnya kendaraan listrik dari segmen kendaraan roda empat dan roda dua.

Mau tidak mau, konsumen harus mencari modal lain untuk membeli kendaraan listrik yang harganya bisa lebih mahal.

Sehingga konsumen harus berpikir ulang untuk membeli kendaraan listrik, karena sepeda motor berbahan bakar minyak memerlukan biaya konsumsi yang lebih banyak.

Menanggapi hal tersebut, perusahaan sepeda motor Bintang Racing Team (BRT) menawarkan solusi untuk mengubah sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi sepeda motor listrik dengan biaya yang cukup murah.

Setidaknya biaya konversi tidak terlalu mahal dan Anda tidak perlu membeli sepeda motor baru. Sehingga sepeda motor tua pun tetap digunakan dan didesain persis sesuai dengan bentuk aslinya, yang hanya mengurangi dan menambah beberapa alat saja.

Rendahnya biaya tersebut karena karakteristik dan komponen sepeda motor yang belum dilepas seluruhnya dan masih sama dengan aslinya.

Motor Listrik Brt: Kelengkapan dan Harga

Motor Listrik Brt: Kelengkapan dan Harga
Sumber: Instagram

Kelengkapan dan Harga

Mengutip kanal YouTube OTOMOTIF TV Bondowoso Network, BRT mengatakan biasanya hanya tiga komponen yang diperlukan untuk mengubah motor menjadi listrik, yakni dinamo, controller, dan baterai.

Dengan modifikasi yang dilakukan pada sepeda motor kelas Honda BeaT, hanya mesin yang diganti dengan mesin dengan dinamo serta dudukan aki yang digunakan sebagai dudukan baterai dan dinamo.

Selebihnya masih menggunakan komponen yang sama, seperti transmisi dan part penggerak lainnya, sehingga kesannya tidak berbeda dengan sebelumnya.

Selain itu, jika konsumen ingin merestorasi mesin sepeda motor hasil modifikasi ke asli, tinggal dipasang saja.

Konsumen juga bisa memilih kapasitas pasang pada sepeda motor untuk dinamo yang digunakan, harganya tentu bervariasi.

Dinamo yang digunakan akan disesuaikan dengan sistem yang ada pada mesin sebelumnya, seperti ukuran poros dinamo yang terlihat lebih panjang dari biasanya.

Daya dinamo yang digunakan pada sepeda motor Honda BeaT yang diubah menjadi motor listrik oleh BRT adalah 2000 watt atau kilowatt.

Kapasitas baterai yang digunakan adalah 72 volt 20Ah, untuk komponen ini konsumen dapat membawa sendiri atau memilih kapasitas baterai yang diinginkan.

Baterai ini dikatakan dapat menempuh jarak hingga 50 km, berat 8 kg dan hanya membutuhkan waktu 3-4 jam untuk mengisi daya. Kunci akselerasi motor listrik ada pada regulator bekas yang tugasnya mengatur suplai daya baterai dinamo.

Motor modifikasi BRT Honda BeaT menggunakan kontroler buatan BRT, diproduksi, dirancang dan menggunakan produk lokal Indonesia berkapasitas 10 juken.

Harga controller produksi BRT ini cukup murah yaitu 1,5 juta namun kualitasnya bisa bersaing dengan merek lain.

Selain itu, controller ini memiliki keunggulan tahan air, sehingga aman jika tidak sengaja terbentur genangan air.

Termasuk dinamo tahan debu yaitu tipe IP67 yang telah diuji tahan air selama 30 menit hingga kedalaman 1m dan tahan debu. Bahkan konsumen dapat mengatur kecepatan dinamo menggunakan handphone dengan mengunduh aplikasi dari PlayStore atau pada laptop.

Konsumen dapat menyalakan mesin lebih cepat, memperpanjang masa pakai baterai, dan lebih hemat dengan menginstal melalui ponsel.

Hal tersbeut membuat akselerasi motor listrik sesuai dengan keinginan konsumen, namun yang menginginkan aki awet atau irit, disarankan untuk tidak mengatur angka putaran hingga 100%, melainkan hanya 60%-70%.

Biaya konversi membutuhkan nominal Rp 7,5-8 juta, namun belum termasuk baterai. Untuk biaya tersebut, konsumen mendapatkan paket dinamo BLDC 2.000 watt, controller BRT Juken 10, wiring atau kabel, dan dudukan dinamo.

Jika konsumen menginginkan paket lengkap, biaya yang dibutuhkan Rp 15 juta, komponen yang diterima lebih lengkap dari paket 7 juta. Detail paket adalah dinamo BLDC 2000W, baterai 72V 20Ah, controller BRT Juken 10, wire atau kabel, braket dinamo dan kertas.

Jika konsumen memiliki aki sendiri, mereka bisa mengonversi mesin menjadi listrik dengan paket 7 jutaan.