Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

14 Kombinasi makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

326
×

14 Kombinasi makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

Sebarkan artikel ini

Hati-hati mengombinasikan makanan

Sumber: Pixabay

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan yang memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Pasti kita semua suka mencampur dari beberapa makanan dan memakannya secara bersamaan.

Misalnya saja mencapur antara nasi dengan sayuran dan ayam serta pelengkap yakni krupuk, mengonsumsi pasta dengan berbagai toping yang lain.

Namun apakah kalian tahu jika ada beberapa kombinasi makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika dimanakan secara bersamaan. Ingin tahu apa saja? yuk intip.

1. Makanan dan air jus

Memang jika meminum air atau jus bisa menghilangkan dahaga dengan kenikmatannya. Namun tahukah kalian jika mencampur jus dengan makanan dan memakannya dapat menjadi kombinasi makanan yang paling beracun. Sebab air memiliki sifat mengencerkan asam lambung dan mengurangi efektifitasnya dalam memecah protein, lemak dan karbohidrat.

Oleh sebab itu, baiknya meminum air putih 10 menit sebelum makan. Cara ini agar mencegah untuk makan berlebihdan dan menipiskan enzim pada perut.

2. Pisang dengan susu

Ternyata pisang tidak baik jika dikonsumsi dengan susu. Ini semua karena keduanya sulit dicerna secara bersamaan, apalagi susu yang memiliki potein yang tinggi atau mengandung pH 7.

3. Karbohidrat dan protein hewani

Ketika kalian memakan makanan karbohidrat dengan protein seperti dahingg dengan roti ataupun kentang, mereka akan melawan pembusukan protein dan fermentasi karbohidrat.

Baca Juga:   Cara Bayar Tagihan Indihome Lewat M-Banking

Hal ini akan menyebabkan perut kembung. Namun jika telah memakan makanan dengan kombinasi seperti ini selama bertahun-tahun mungkin telah kebal. Tapi lebih baik makan kombinasi pelengkap seperti nasi dan kacang.

4. Yoghurt dengan buah

Seperti diketahui, yoghurt adalah olahan susu dengan banyak bakteri yang bekerja pada gula dalam buah-buahan. Tak hanya menimbulkan racun, namun kombinasi makanan ini akan menyebabkan alergi dan pilek. Agar terhidar dari itu semua, gunakan yoghurt plain atau tanpa rasa dengan suhu kamar dan mencampurkan kismis, kayu manis, madu, dan buah segar.

5. Bir dengan hamburger

Bir ialah alkohol terburuk dan bisa dikonsumsi. Kombinasi kedua makanan ini tidak mengadung nutrisi yang baik. Burger juga mengandung lemak yang tinggi. Tubuh akan lebih dulu memproses alkohol sebab dianggap sebagai toksin, karena keduanya akan diproses di hari.

Dengan demikian akan menyebabkan lemak akan tertinggal di peredaran darah dan akan disimpan sebagai cadangan. Tak hanya itu, lemak yang lebih lama dicerna oleh tubuh akan dapat menimbulkan kembung.

6. Dua protein tinggi

Gabugan antara dua protein tinggi seperti surf dan turf, telur dan bacon. Makanan tersebut sering kali dikombinasikan bahkan sangat populer. Namun jika dua protein ini dikombinasikan dan dimakan akan membebani sistem pencernaan dan akan dicerna dengan waktu yang lama.

Baca Juga:   Spesifikasi Lengkap Selis Agats, Miliki Bentuk Seperti Yamaha Soul GT

7. Mentimun dengan tomat

Bagi masyarakat memang mencampur mentimun dan tomat sudah hal yang lumrah, ini semua karena rasanya yang cocok jika dipadukan. Namun siapa sangka keduanya merupakan makanan yang beracun jika dikombinasikan. Hal ini karena mentimun dan tomat akan bekerja melawan satu sama lain di pencernaan.

8. Kacang-kacangan dengan keju

Kombinasi dua makanan ini juga cukup terkenal di Meksiko. Kacang sendiri memiliki jenis gula tertentu dan tubuh tidak memiliki cukup enzim untuk mengolahnya. Kacang jika ditambah keju akan menyebabkan perut kembung.

9. Susu dan jus jeruk dan sereal

Susu mengandung kasein, sedangkan jus jeruk mengandung asam. Jika semua ini dicampur maka akan menghancurkan enzim yang ada dalam sereal. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya meminum jus buah setidaknya satu jam sebelum atau sesudah mengonsumsi sereal.

10. Tomat dan pasta

Tomat dan pasta ialah kombinasi makanan yang cukup populer di Italia, sebab memiliki rasa yang enak. Namun siapa sangka jika makanan ini dicampur akan menyebabkan sakit perut karena kurangnya pencernaan yang tepat.

Tomat sendiri mengandung sedikit asam yang bisa melemahkan enzim yang ada dalam pasta bertepung. Dengan ini akan mencegah makanan dicerna dengan baik dan akan menyebabkan kelelahan setelah memakannya.

Baca Juga:   Ketahui Cara Kerja dan Fungsi Airbag Mobil

11. Teh dan susu

Memang jika teh dan susu memiliki rasa yang nikmat. Namun jika teh dicampurkan ke dalam susu akan membuat protein pada susu mengikat zat antioksidan yang ada dalam teh.

Teh sendiri adalah minuman yang kaya antioksidan, dan juga mengandung asam tanat. Zat ini mengikat zat besi dan juga protein, sehingga akan menghambat penyerapan nutrisi dari makanan.

12. Telur dan daging

Jika telur dan daging dikombinasikan akan memnyebabkan tubuh overdosis protein. Ini semua dikarenakan sistem pencernaan manusia lebih bagus terhadap satu protein dalam satu waktu. Mengongbinasikan makanan ini akan membebani sistem pencernaan dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna.

13. Telur dan susu kedelai

Telur sendiri merupakan makanan yang tinggi protein, sedangkan susu kedelai memiliki sifat yakni mengurangi aktivitas dari enzim protease. Jika dikonsumsi bersamaan akan membuat tubuh kekurangan protein.

14. Mint dengan minuman soda

Mengombinasikan minuman ini juga dapat merusak tubuh. Ketika meminum peppermint yang dikombinasikan dengan minuman bersoda akan membentuk senyawa beracun didalam perut dan cukup mematikan, biasa disebut sianida.