Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

Cara mengatasi iPhone mendadak tidak bisa di charge, jangan panik

311
×

Cara mengatasi iPhone mendadak tidak bisa di charge, jangan panik

Sebarkan artikel ini

Jangan buru-buru beli baru

Pernah mengalami iPhone tidak dapat di-charge secara tiba-tiba padahal sudah dicolokkan? jika pernah mengalaminya, jangan panik dulu apalagi beli iPhone baru. Ternyata ada cara mengatasinya lho. Yuk intip bagaimana cara mengatasi iPhone tidak dapat di-charge meski sudah terhubung ke colokan.

1. Restart

Langkah pertama yang dapat dicoba yakni restart iPhone kalian. Cara yang cukup simpel ini dianggap cukup ampuh untuk mengatsi iPhone yang rewel saat di-charge.

Cara untuk restart iPhone yakni dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan. Tunggu hingga iPhone mati dan tak lama akan muncul kembali logo Apple pada iPhone kalian. Setelah nyala, coba kembali sambungkan iPhone ke colokan dan amati apakah dapat di charge lagi atau belum.

Baca Juga:   6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Bermuatan Penuh

2. Cek kabel charger

Coba kabel charger iPhone kalian jika tak dapat di-charge. Meski iPhone memiliki julukan hp mahal, namun tak menutup kemungkinan jika semua komponen pendukung memiliki kualitas yang baik. Memang keluhan pengguna iPhone kebanyakan dari kabel chargernya. Keluhan ini ada latar belakangnya, sebab kabel charger iPhone seringkali rusak. Mudahnya charger iPhone rusak karena tidak menggunakan bahan PVC sehingga mudah terkelupas.

Untuk memastikan apakah sumber dari iPhone kalian tak dapat di-charge adalah masalah pada kabelnya, coba pinjam atau gunakan kabel charger yang lain, apakah bisa mengisi daya atau tidak. Jika memang kabel charger kalian yang rusak, segera beli yang baru dan bersertifikat MFI.

Baca Juga:   Cara Menggunakan TikTok TV, Mudah dan Penuh Manfaat

3. Factory reset

Jika cara diatas kurang memuaskan atau berlum dirasa cukup, maka kalian dapat mencoba cara yang satu ini. Namun sebelum melakukan cara ini, disarankan untuk membackup data yang dirasa penting. Sebab jika telah di factory reset semua data kalian akan hilang.

Jika setelah melakukan cara ini dirasa iPhone masih saja rewel, kalian dapat melakukan cara setelah ini.

4. Cek konektor

Jika kabel, adaptor dan telah dilakukannya factory reset masih saja rewel, bisa saja penyebab iPhone tak dapat di-charge adalah karena port pengisian daya yang kotor. Port charger yang kotor dapat mengganggu proses pengisian daya. Debu yang menumpuk pada port dapat mengahalangi arus listrik.

Baca Juga:   Cara Mudah Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Kinclong

Cara membersikan portnya pun cukup mudah. Ykni siapkan kain tipis yang halus dan bersih. Kemudian bersihkan setiap celah port dengan teliti dan pelan-pelan. Tiup port dengan blower kecil atau mulut juga bisa. Jika dirasa telah bersih, coba kembali colokkan kabel charge ke iPhone kalian.

5. Cek adaptor

Biasanya jika menggunakan charge yang tidak original pada iPhone kalian maka tidak akan mau di-charge. Berarti dapat dimungkinkan penyebab iPhone tidak dapat di-charge karena kalian menggunakan adaptor KW. Maka dari itu, usahakan beli charger ori untuk iPhone kesayangan kalian.