Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

6 Cara mengatasi Handphone lemot, mudah banget

347
×

6 Cara mengatasi Handphone lemot, mudah banget

Sebarkan artikel ini

Hapus data yang tak perlu

Galau karena handphone kamu lemot? jangan buru-buru ganti yang baru ya. Sayang loh jika setiap lemot langsung ganti handphone baru. Nih ada tips cara mengatasi handphone lemot terbaru yang bisa dicoba dirumah dan mudah banget.

Memang handphone kini sudah menjadi kebutuhan utama untuk semua aktivitas. Namun siapa sangka, jika handphone makin sering digunakan, maka kinerjanya akan semakin lambat atau biasa dikenal dengan lemot. Penyebab handphone menjadi lemot bisa terjadi dengan berbagai faktor, salah satunya yakni penurunan kualitas penyimpanan hingga kesehatan baterai yang menurun.

Nah bagi yang telah tak sabar ingin tahu cara mengatasinya, yuk intip bareng-bareng cara mudah untuk mengatasi handphone lemot.

1. Perhatikan jumlah memori

Setiap handphone pasti dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda-beda. Termasuk juga RAM, penyimpanan internal juga mempengaruhi performa handphone kalian. Jika RAM dan juga penyimpanan di handphone kalian yang tersedia semakin menipis maka handphone akan menjadi lemot. Nah, untuk mengatasinya yakni dengan cara mengindari menyimpan data yang tak perlu agar memori tak semakin menipis yang membuat handphone menjadi lemot.

Baca Juga:   Cara Menghapus Akun WhatsApp Secara Permanen

2. Hapus aplikasi

Nih ada cara lain untuk mengatasi handphone kalian lemot yakni dengan cara menghapus aplikasi yang dirasa tak begitu penting digunakan dalam berbagai aktivitas kalian. Sebab handphone yang memiliki banyak aplikasi akan membuat penyimpanan penuh.

3. Reboot

Jika masih saja lemot, cara yang satu ini mungkin dapat dicoba. Yakni dengan cara mereboot atau merestart handphone. Sebab dengan cara mereboot handphone bisa saja membuat kinerja handphone lebih ringan dan tidak lemot.

4. Auto Kill

Bagi kalian yang sering menggunakan handphone untuk multi tasking, pasti sudah sering merasakan lemot. Ini disebabkan karena banyak aplikasi yang aktif pada Recent Apps.

Dengan seringnya kalian menggunakan multi tasking pada handphone, maka akan membuat RAM semakin bekerja keras dan sesak, dan akibatnya akan membuat handphone kalian lemot.

Baca Juga:   Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Series, Bikin Melongo

Nah ini semua dapat dihindari dengan mencoba mengaktifkan fitur Auto Kill. Jika belum tahu fitur ini, Auto Kill ialah fitur yang membuat aplikasi tidak akan bisa berjalan di backgorund.

5. Update sistem

Jika cara diatas sudah dicoba dengan seksama dan dengan petunjuk yang benar masih saja lemot, cara ini dapat dicoba. Yakni dengan mengupdate atau memperbarui sistem pada handphone kalian. Cara ini cukup mudah, kalian hanya tinggal masuk pada menu setting, kemudian buka about device dan pilih software update lanjut pilih chek for update. Pastikan kalian telah mengupdate sistem operasi terbaru pada handphone.

6. Reset

Jika telah melakukan berbagai cara diatas dan tidak ada perubahan yang berarti, kalian dapat mencoba cara ini. Ykni dengan reset atau menyetel ulang handphone kalian ke setelah pabrik. Namun perlu diketahui jika kalian ingin untuk mereset handphone, kalian harus membackup data penting terlebih dahulu. Sebab jika sudah direset semua data yang ada di handphone kalian akan hilang karena terhapus.