Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

5 Faktor penyebab webstite tidak tampil di Google

245
×

5 Faktor penyebab webstite tidak tampil di Google

Sebarkan artikel ini

Perbaiki konten

Sumber: Pixabay

Tak sedikit yang heran dan bingung ketika websitenya tidak pernah ditemukan di Google. Padahal website tersebut sudah diunggah dan siap dibaca oleh publik. Namun tahu tidak kenapa website kita tidak ada di halaman pertama Google?

Ternyata ada beberapa faktor yang membuat website tidak dapat muncul di halaman pertama Google. Ingin tahu apa saja? yuk intip.

1. Tidak friendly

Yang dimaskud tidak friendly disini yaitu untuk bot Google. Maksudnya disini yakni meskipun di mata user konten itu terlihat, namun ternyata tidak dapat dibaca oleh search engine. Biasanya yang mengalami hal tersebut yakni website yang custom development. Berarti website yang standart seperti bikinnya menggunakan WordPress dan sejenisnya akan dapat dibaca.

Baca Juga:   Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Elektorik Lewat Aplikasi dan Website

2. Ada masalah pada konten

Jika konten yang ditampilkan pada website memiliki kualitas yang tidak baik bahkan buruk di mata Google, maka akan mendapatkan hukuman. Maka dari itu, perhatikan kualitas konten dan jangan hanya terfokus pada informasi yang akan disampaikan. Seperti halnya mengecek apakah konten terindikasi plagiat, judul yang relevan dengan isi konten, dll.

3. Server down

Server down juga bisa menyebabkan halaman website kita tidak muncul di mesin perncarian. Itu karena jika server yang tengah digunakan bermasalah maka konten akan merasakan imbasnya juga.

4. Domain sudah kedaluarsa

Jika ingin membuat suatu website pasti akan memerlukan domain yang berbayar. Biasanya membeli atau membayar domain itu setiap tahun. Namun tak sedikit yang tak mengetahui atau lupa untuk memperpanjang domain sehingga dampaknya akan dirasakan pada website yang tak dapat muncul di Google.

Baca Juga:   Cara Cek Saldo Taspen Secara Online Lewat Website dan Aplikasi

5. Algoritma Google berubah

Teknologi yang ada di Google juga selalu mengikuti perkembangan zaman, jadi akan tetap menyesuaikan. Adaptasi memang harus dilakukan agar tidak kalah saing dengan kompetitor di mesin pencari. Google punya aturan yang bernama algoritma yang memiliki fungsi untuk menilai website yang masuk pada sistem.