oleh

Nasida Ria, grup Kasidah lokal yang mendunia

Bertahan hingga puluhan tahun

-Headline, Kabar-60 Dilihat

Indonesia memiliki jutaan talenta yang patut diapresiasi. Salah satunya yakni Grup musik Kasidah Nasida Ria yang belakangan ramai menjadi perbincangan publik. Grup musik ini baru saja tanpil dalam sebuah acara di Jerman.

Namanya sempat lama tak terdengar kabarnya, secara tiba-tiba grup musik yang sudah 45 tahun berkarya ini muncul dengan membawa kabar yang membanggakan. Diketahui mereka tampil pada acara musik Dokumenta di Kassel Jerman.

Namun siapa sih sebenernya Nasida Ria ini? ternyata Nasida Ria merupakan grup musik kasidah modern yang cukup melegenda. Dikutip dari jurnal penelitian dari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Nasida Ria berdiri pada tahun 1975 di Semarang, Jawa Tengah. H. Muhammda Zain dan sang istri, Hj. Mudrikah Zain membentuk Nasida Ria dengan tujuan berdakwah dan menyebarkan agama Islam lewat jalur musik. Nasida Ria telah menghasilkan ratusan karya lagu yang kini masih dapat dinikmati masyarakat.

Nasida Ria ternyata sudah kerap kali manggung di luar negeri sejak puluhan tahun yang lalu. Pada tahun 1988, Nasida Ria sudah pernah tampil di Malaysia, pada tahun 1994 pernah tampil di Berlin, Jerman. Meski namanya perlahan mulai tergusur dengan kehadrian aliran musik barat dan modern, namun Nasida Ria tak putus asa dan terus mencoba untuk bertahan dan bangkit.

Perjuangannya tak sia-sia, terbukti hingga kini Nasida Ria masih menjadi salah satu kelompok musik yang sukses bertahan di era gempuran musik barat. Bahkan Nasida Ria dapat mempertahankan genre musiknya yang khas dan telah melalui dinamika industri musik yang ada.

Berita Terkait