Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

Harga BBM stabil di atas melambungnya harga minyak dunia

260
×

Harga BBM stabil di atas melambungnya harga minyak dunia

Sebarkan artikel ini

Dapat suntikan dana

Sumber: Pinterest

Masyarakat Indonesia hingga kini masih dibingungkan dengan penggunaan aplikasi untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Namun kebijakan tersebut ditujukan agar penjualan BBM bersubsidi bisa tepat sasaran.

Seperti diketahui, kini harga minyak dunia terus mengalamai kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan kiki harga minyak dunia berada di kisaran US$110 hingga US$120 per barel. Dengan tingginya harga minyak dunia tersebut, banyak negara yang memutuskan untuk menaikkan harga BBM.

Bahkan ada yang menaikkan harga BBM cukup tinggi yakni Jerman dan Singapura. Kedua negara tersebut menjual BBM dengan cukup mahal yakni Rp31.000 per liternya.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Presiden RI Joko WIdodo dalam pidatonya dalam acara Peringatan Keluarga Nasional ke-29. Tak hanya Jerman dan Singapura, namun Thailand juga menaikkan harga BBM hingga menjadi Rp20.000 per liter.

Baca Juga:   4 Fakta pembelian BBM menggunakan MyPertamina

Meskipun banyak negara yang menaikkan harga BBM, namun Jokowi mengatakan jika kebijakan negara tersebut tidak turut dilakukan oleh Indonesia. Hingga saat ini, pemerintah masih menjual BBM jenis Pertalite Rp7.650 per liter. Padahal seharusnya harga Pertalit kini sudah menyentuh Rp17.200 per liternya.

Harga BBM di Indonesia dapat rendah karena dapat suntikan subsidi dari APBN. Dengan suntikan subsidi tersebut, Indonesia hingga kini masih bisa menahan harga jual di Rp7.000 an.