Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Untuk Kulit Berminyak Lebih Baik Foundation atau BB Cream? Ini Dia Jawabannya

290
×

Untuk Kulit Berminyak Lebih Baik Foundation atau BB Cream? Ini Dia Jawabannya

Sebarkan artikel ini
Untuk Kulit Berminyak Lebih Baik Foundation atau BB Cream
Untuk Kulit Berminyak Lebih Baik Foundation atau BB Cream

HULUHILIR.COMKulit berminyak seringkali memerlukan perawatan dan perhatian ekstra. Salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan adalah apakah lebih baik menggunakan foundation atau BB cream.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara keduanya dan memberikan panduan untuk memilih yang paling cocok untuk kulit berminyak Anda.

Apa itu Foundation?

Foundation, atau dalam bahasa Indonesia sering disebut “dasar makeup,” adalah produk kosmetik yang digunakan untuk meratakan dan menyempurnakan warna kulit wajah.

Produk ini merupakan langkah pertama dalam proses aplikasi makeup dan berfungsi untuk menciptakan lapisan dasar yang merata sebelum Anda mengaplikasikan makeup lainnya, seperti eyeshadow, blush on, dan lipstick.

Foundation bertujuan untuk menciptakan tampilan kulit yang lebih merata, menutupi noda, ketidaksempurnaan, dan menyamarkan perbedaan warna kulit.

Foundation tersedia dalam berbagai bentuk, seperti cair, padat, atau bubuk. Pilihan tergantung pada preferensi pribadi Anda.

Foundation cair seringkali memberikan cakupan yang lebih natural dan mudah diaplikasikan dengan kuas makeup atau spons.

Foundation padat, atau sering disebut sebagai “compact foundation,” biasanya memiliki cakupan yang lebih tinggi dan cocok untuk situasi di mana Anda membutuhkan perlindungan yang lebih baik terhadap elemen luar, seperti sinar matahari.

Sedangkan foundation dalam bentuk bubuk biasanya digunakan untuk mengatasi kilap berlebih pada wajah, terutama pada jenis kulit berminyak.

Salah satu poin penting ketika memilih foundation adalah mencari produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya memilih foundation yang oil-free atau memiliki matte finish untuk menghindari tampilan berminyak yang tidak diinginkan. Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit kering, foundation yang mengandung pelembap bisa menjadi pilihan yang baik.

Baca Juga:   3 Efek Samping Cream HN Crystal, Dari Iritasi Kulit Hingga Kemerahan!

Foundation adalah salah satu alat yang sangat berguna dalam dunia kecantikan untuk menciptakan tampilan yang lebih segar dan merata.

Dalam proses pemilihan foundation, cobalah untuk mencari warna yang sesuai dengan warna kulit alami Anda dan selalu uji produknya di bagian wajah yang sesuai, seperti area rahang, untuk memastikan cocok dengan warna kulit Anda.

Dengan foundation yang sesuai, Anda dapat menciptakan tampilan yang cantik dan percaya diri setiap hari.

Apa itu BB Cream?

BB Cream, atau “Blemish Balm” Cream, adalah produk kecantikan yang sangat populer, terutama di kalangan mereka yang ingin tampil alami dan segar.

BB Cream adalah produk serbaguna yang memiliki kombinasi manfaat perawatan kulit dan makeup.

Produk ini diciptakan untuk memberikan tampilan wajah yang lebih merata dan sekaligus merawat kulit.

BB Cream menggabungkan beberapa manfaat utama, seperti:

  1. Cakupan Ringan: BB Cream memberikan cakupan yang lebih ringan dibandingkan dengan foundation. Ini cocok untuk mereka yang menginginkan tampilan yang lebih natural dan tidak terlalu berat.
  2. Perlindungan Matahari: Banyak BB Cream mengandung SPF (Sun Protection Factor) yang melindungi kulit dari sinar matahari. Perlindungan matahari sangat penting untuk mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.
  3. Pelembap: Banyak BB Cream mengandung pelembap yang membantu menjaga kulit tetap lembap sepanjang hari. Ini sangat bermanfaat terutama untuk kulit kering.
  4. Kemampuan Meratakan Warna Kulit: BB Cream membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan ketidaksempurnaan, seperti noda atau bekas jerawat.
  5. Tambahan Nutrisi: Beberapa BB Cream mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit, seperti antioksidan dan vitamin. Ini dapat membantu kulit Anda tetap sehat dan bersinar.
Baca Juga:   Masker Air Mawar dan Baby Oil, Ini Dia Cara Pakai dan Manfaatnya

BB Cream sangat cocok untuk situasi sehari-hari, ketika Anda ingin tampil alami tanpa makeup yang terlalu tebal.

Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk merias wajah mereka.

Namun, penting untuk memilih BB Cream yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, carilah BB Cream yang dirancang khusus untuk kulit berminyak.

Selain itu, saat mengaplikasikan BB Cream, Anda dapat menggunakan jari, kuas makeup, atau spons, tergantung pada preferensi Anda.

Pastikan untuk meratakannya dengan baik sehingga menciptakan tampilan yang merata dan natural.

Bagaimana Memilih yang Tepat?

Memilih antara foundation dan BB Cream untuk kulit berminyak bisa menjadi keputusan yang menentukan penampilan Anda.

Di bawah ini, kami akan memberikan panduan yang lebih rinci untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

1. Cakupan yang Anda Inginkan

Pertama-tama, pertimbangkan sejauh mana Anda ingin menutupi ketidaksempurnaan kulit Anda. Foundation biasanya memberikan cakupan yang lebih tinggi daripada BB Cream.

Jika Anda memiliki banyak noda, bekas jerawat, atau perubahan warna kulit yang signifikan, foundation mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai.

2. Ketahanan Terhadap Kilap

Kulit berminyak cenderung menghasilkan kilap berlebih. Jika Anda ingin mengontrol kilap berlebih, Anda mungkin akan lebih suka foundation dengan formula matte atau oil-free.

BB Cream, biasanya memiliki tampilan yang lebih segar dan alami, tetapi mungkin perlu disertai dengan bedak untuk mengatasi kilap berlebih.

3. Perlindungan Matahari

Jika perlindungan matahari adalah prioritas Anda, perhatikan kandungan SPF pada produk yang Anda pilih.

Baca Juga:   4 Efek Samping Masker Susu Dancow dan Jeruk Nipis, Tak Sebanding Manfaatnya!

Banyak BB Cream mengandung SPF, yang bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin melindungi kulit Anda dari sinar UV berbahaya. Namun, foundation juga tersedia dengan SPF tertentu.

4. Perawatan Kulit

BB Cream sering mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit, seperti pelembap, antioksidan, dan vitamin.

Jika Anda menginginkan produk yang memberikan manfaat perawatan kulit tambahan, BB Cream mungkin menjadi pilihan yang lebih menarik.

5. Kenyamanan Sehari-hari

Pertimbangkan gaya hidup Anda dan kebutuhan sehari-hari. Jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk merias wajah atau ingin tampil alami, BB Cream mungkin merupakan pilihan yang lebih praktis.

Foundation mungkin lebih cocok untuk acara-acara khusus atau situasi di mana Anda memerlukan cakupan yang lebih tinggi.

6. Uji Produk

Selalu uji produk terlebih dahulu di kulit Anda sebelum membeli. Cobalah produk di area rahang atau pergelangan tangan Anda untuk memastikan warnanya cocok dengan warna kulit Anda. Ini sangat penting untuk memastikan hasil yang alami dan tidak mencolok.

7. Konsultasikan dengan Ahli Kecantikan

Jika Anda masih ragu, konsultasikan dengan seorang ahli kecantikan atau perawatan kulit. Mereka dapat memberikan saran yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda dan preferensi pribadi.

Foundation dan BB cream keduanya memiliki manfaatnya masing-masing untuk kulit berminyak. Yang terbaik adalah mencoba beberapa produk dan melihat mana yang paling cocok dengan kebutuhan kulit Anda.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dengan baik sebelum mengaplikasikan makeup dan gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk hasil terbaik.