Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

Awas! aplikasi ini dapat curi rekeningmu

250
×

Awas! aplikasi ini dapat curi rekeningmu

Sebarkan artikel ini

Pencurian berkedok antivirus

Sumber: Pixabay

Pada zaman sekarang, ketergantungan manusia dengan teknologi tak dapat dipungkiri lagi. Namun dengan begitu, tak sedikit yang asal-asalan dalam penggunaannya.

Kini banyak aplikasi yang cukup mempermudah manusia dalam bekerja atau beraktifitas. Namun dengan banyaknya aplikasi tersebut, tak sedikit pengguna yang asal-asalan mengunduh aplikasi karena tergiur dengan fiturnya. Perlu diketahui jika tidak semua aplikasi itu aman. Banyak aplikasi yang teridentifiasi memiliki trojan Sharkbot.

Sharkbot sendiri berhasil menghindari keamanan dari Google Play Store dengan menyamar sebagai aplikasi antivirus. Trojan sendiri emmang memiliki kemampuan transaksi tidak sah lewat Automatic Transfer Systems (ATS). Aplikasi itu cukup berbahaya, karena dapat mencuri rekening para pengguna.

Baca Juga:   35 Aplikasi berbahaya bagi Android, pernah install?

ATS dapat digunakan untuk menipu sistem deteksi bank yang telah ditargetkan. Caranya dengan melakukan simulasi urutan tindakan yang dilakukan pengguna, misalnya menekan tombol klik dan gerakan melakukan pengiriman uang dengan cara ilegal.

Tak hanya itu, Sharkbot juga bisa membuat lapisan ilusi antarmuka aplikasi palsu dan mirip dengan aplikasi bank resmi. Hal ini bertujuan untuk mencuri kredensial, mendapatkan kendali jarak jauh, dan mencatat penekanan tombol yang dilakukan oleh pengguna.

Berikut aplikasi yang dilaporkan.

1. Atom Clean-Booster (com.abbondioendrizzi.tools.supercleaner)
2. Powerful Cleaner (com.pagnotto28.sellsourcecode.supercleaner)
3. Super Cleaner (com.abbondioendrizzi.antivirus.supercleaner)
4. Aplpha Antivirus (com.pagnotto28.sellsourcecode.alpha)