Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

6 Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat, Wajah Segar dan Mulus Bebas Jerawat!

128
×

6 Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat, Wajah Segar dan Mulus Bebas Jerawat!

Sebarkan artikel ini
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

HULUHILIR.COMBagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, menemukan cushion yang cocok bisa menjadi tantangan. Namun, jangan khawatir!

Dalam panduan ini, saya sebagai ahli kecantikan akan membantu Anda memilih cushion yang pas untuk kulit berjerawat Anda. Mari kita jelajahi bersama!

Cara pertama untuk mencapai tampilan kulit yang mulus adalah dengan memahami apa itu cushion. Mengapa cushion penting, terutama bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Cushion adalah produk makeup yang menggabungkan foundation, sunscreen, dan pelembap dalam satu kemasan praktis. Produk ini memungkinkan Anda dengan cepat mendapatkan tampilan wajah yang segar.

Kulit berjerawat membutuhkan perhatian ekstra, dan cushion dapat menjadi solusi sempurna. Dengan formulasi yang ringan dan seringkali mengandung bahan-bahan menenangkan, cushion dapat memberikan cakupan tanpa menambah beban pada kulit yang sensitif.

Baca Juga: 4 Bedak Make Over untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Solusi Terbaik dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi Cushion untuk Kulit Berjerawat

Anda memiliki kulit berjerawat dan sedang mencari cushion yang cocok? Berikut ini adalah 6 rekomendasi cushion yang cocok untuk kulit berjerawat:

1. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Cushion ini diformulasikan dengan oil absorber yang dapat mengontrol minyak berlebih di wajah. Selain itu, cushion ini juga dilengkapi dengan microfoam yang dapat memberikan kesegaran lebih lama di wajah.

Kelebihan:

  • Mengontrol minyak berlebih
  • Memberikan kesegaran lebih lama
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Coverage kurang tinggi

Harga: Rp100.000

2. Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Cushion ini memiliki coverage yang baik dan mampu menutupi noda-noda bekas jerawat. Selain itu, cushion ini juga mengandung SPF 30 PA+++ yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Kelebihan:

  • Coverage baik
  • Mengandung SPF
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Hasil akhir agak matte

Harga: Rp100.000

3. Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Cushion ini memiliki hasil akhir matte yang natural dan dapat bertahan hingga 12 jam. Selain itu, cushion ini juga mengandung SPF 50 PA++++ yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Kelebihan:

  • Hasil akhir matte
  • Tahan lama
  • Mengandung SPF tinggi

Kekurangan:

  • Coverage kurang tinggi

Harga: Rp200.000

4. Somethinc Copy Paste Breathable Cushion

Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Cushion ini memiliki hasil akhir semi-matte yang natural dan dapat menutupi noda-noda bekas jerawat. Selain itu, cushion ini juga mengandung SPF 30 PA+++ yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Kelebihan:

  • Hasil akhir semi-matte
  • Coverage baik
  • Mengandung SPF

Kekurangan:

  • Harga agak mahal

Harga: Rp150.000

5. Laneige Neo Cushion Matte

Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Cushion ini memiliki hasil akhir matte yang tahan lama dan dapat menyamarkan pori-pori. Selain itu, cushion ini juga mengandung SPF 50 PA++++ yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Baca Juga:   Sunscreen Facetology untuk Kulit Berjerawat, Atasi Jerawat Membandel dalam 14 Hari!

Kelebihan:

  • Hasil akhir matte
  • Tahan lama
  • Menyamarkan pori-pori
  • Mengandung SPF tinggi

Kekurangan:

  • Harga agak mahal

Harga: Rp400.000

6. Emina Bare With Me Mineral Cushion

Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat
Cushion yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Cushion ini memiliki hasil akhir natural yang ringan dan dapat menutupi noda-noda bekas jerawat. Selain itu, cushion ini juga mengandung SPF 30 PA+++ yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Kelebihan:

  • Hasil akhir natural
  • Ringan
  • Mengandung SPF

Kekurangan:

  • Coverage kurang tinggi

Harga: Rp90.000

Baca Juga: 4 Bedak Make Over untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Berkualitas Tinggi dan Telah Terbukti Ampuh Dalam Merawat Kulit

Memilih Cushion yang Tepat untuk Kulit Berjerawat Anda

Ketika memilih cushion untuk kulit berjerawat, langkah awal yang bijak adalah memahami kebutuhan khusus kulit Anda.

Dengan perhatian ekstra pada jenis jerawat dan kepekaan kulit, Anda dapat menemukan produk yang tidak hanya memberikan cakupan sempurna tetapi juga merawat kulit yang sensitif. Berikut adalah panduan terperinci untuk membantu Anda memilih cushion yang tepat:

1. Identifikasi Jenis Jerawat Anda

Setiap orang memiliki jenis jerawat yang berbeda-beda. Beberapa mungkin memiliki jerawat hormonal, sedangkan yang lain mungkin berurusan dengan jerawat komedo atau jerawat papula. Identifikasi jenis jerawat Anda akan membantu Anda memilih cushion dengan formula yang sesuai.

Jerawat Hormonal

Jika Anda sering mengalami jerawat hormonal, pilih cushion yang mengandung bahan anti-inflamasi seperti chamomile atau ekstrak teh hijau. Formula ini membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang sering terkait dengan jerawat hormonal.

Jerawat Komedo

Bagi yang cenderung memiliki komedo, pilih cushion dengan formula non-comedogenic. Ini artinya produk tidak akan menyumbat pori-pori Anda, mengurangi risiko perkembangan komedo.

Jerawat Papula

Untuk jerawat jenis papula, cari cushion dengan kandungan antibakteri. Bahan-bahan seperti asam salisilat dapat membantu mengobati dan mencegah jerawat jenis ini.

2. Formula Ringan yang Tidak Membebani Kulit

Kulit berjerawat sering kali sensitif, oleh karena itu, pilihlah cushion dengan formula ringan. Hindari produk yang terlalu tebal atau berat, karena ini dapat memperburuk kondisi kulit.

3. Pilih Cushion dengan Kandungan Menyehatkan Kulit

Cushion yang cocok untuk kulit berjerawat seharusnya tidak hanya memberikan cakupan, tetapi juga merawat kulit.

Kandungan seperti aloe vera, calendula, atau ekstrak lidah buaya dapat membantu menyehatkan kulit dan mengurangi risiko iritasi.

4. SPF yang Adekuat

Perlindungan dari sinar UV sangat penting, terutama untuk kulit berjerawat yang mungkin lebih sensitif terhadap paparan matahari. Pilih cushion dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit Anda sepanjang hari.

5. Uji Warna pada Kulit Anda

Sebelum membeli, uji warna cushion pada kulit Anda. Ini memastikan bahwa produk tersebut cocok dengan warna kulit Anda dan memberikan hasil akhir yang natural.

Baca Juga:   Cara Maskeran dengan Putih Telur dan Susu Dancow, Memiliki Manfaat Luar Biasa untuk Kulit

6. Cari Produk Non-Acnegenic

Produk non-acnegenic adalah pilihan aman untuk kulit berjerawat. Ini berarti produk tersebut dirancang untuk tidak menyebabkan atau memperburuk jerawat.

7. Pilih Cushion dengan Kemasan Higienis

Pastikan cushion yang Anda pilih memiliki kemasan yang higienis, seperti tutup kedap udara atau pompa. Hal ini membantu mencegah kontaminasi dan menjaga kebersihan produk.

Baca Juga: 7 Cushion untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat, Tampil Sempurna dengan Perawatan Kulit yang Benar

Tips Aplikasi Cushion yang Benar

Setelah Anda berhasil memilih cushion yang sesuai dengan kulit berjerawat Anda, langkah selanjutnya adalah menguasai teknik aplikasinya.

Dengan cara yang benar, Anda dapat mencapai hasil makeup yang maksimal dan merawat kulit secara lebih efektif. Berikut adalah beberapa tips penting untuk mengaplikasikan cushion dengan benar:

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum mengaplikasikan cushion, pastikan wajah Anda bersih. Gunakan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup.

Membersihkan wajah secara teratur adalah langkah kunci untuk menjaga kesehatan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki masalah jerawat.

2. Gunakan Spons atau Kuas

Pilihlah alat aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda, apakah itu spons atau kuas makeup. Spons sering memberikan hasil yang lebih natural dan merata, sementara kuas dapat memberikan cakupan yang lebih tebal. Eksperimenlah dengan kedua alat tersebut dan temukan yang paling sesuai dengan gaya aplikasi Anda.

Cara Menggunakan Spons:

  • Basahi spons dengan sedikit air untuk memberikan efek dewy pada tampilan akhir.
  • Aplikasikan cushion dengan menekan ringan spons ke dalam produk, lalu tepuk-tepuk lembut pada wajah.

Cara Menggunakan Kuas:

  • Pilih kuas dengan serat sintetis yang lembut.
  • Ambil sedikit produk pada kuas dan aplikasikan dengan gerakan melingkar atau sapuan ringan.

3. Sentuhan Akhir dengan Bedak

Untuk hasil makeup yang lebih tahan lama, berikan sentuhan akhir dengan bedak tabur. Ini membantu mengunci cushion, mengurangi kilap berlebih, dan membuat tampilan lebih matte. Pastikan untuk memilih bedak yang sesuai dengan warna kulit Anda.

4. Perhatikan Tekstur dan Aplikasi Setiap Produk

Setiap cushion memiliki tekstur dan formula yang berbeda. Sebelum mengaplikasikan secara menyeluruh, uji produk pada bagian kecil kulit Anda untuk memastikan bahwa itu tidak menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Selain itu, pelajari petunjuk aplikasi yang diberikan oleh produsen untuk hasil yang optimal.

5. Hindari Tumpukan Produk Berlebih

Cushion memiliki formula ringan, jadi hindari tumpukan produk berlebih yang dapat membuat tampilan terlalu tebal.

Mulailah dengan jumlah yang kecil dan tambahkan lebih banyak jika diperlukan. Hindari penggunaan berlebihan untuk menghindari kesan wajah “berat”.

Baca Juga:   2 Facial Wash Garnier untuk Kulit Berjerawat, Ini Pilihat Terbaik untukmu

Memilih cushion yang cocok untuk kulit berjerawat tidak perlu menjadi tugas yang sulit. Dengan pemahaman mendalam tentang jenis kulit dan produk yang tepat, Anda bisa mendapatkan tampilan yang diinginkan. Terapkan tips dari panduan ini, dan nikmati kilau sehat yang tak terhingga!

Baca Juga: 9 Cream Malam Pixy untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Bagaimana Cara Menggunakannya?

FAQ

1. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih cushion untuk kulit berjerawat?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih cushion untuk kulit berjerawat, yaitu:

  • Kandungan oil control. Cushion dengan kandungan oil control yang baik dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.
  • Kandungan SPF. Sinar matahari dapat memperburuk kondisi jerawat, sehingga penting untuk menggunakan produk makeup yang mengandung SPF.
  • Coverage. Coverage yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki banyak noda bekas jerawat, pilihlah cushion dengan coverage yang tinggi. Jika Anda memiliki jerawat yang ringan, pilihlah cushion dengan coverage yang ringan atau medium.

2. Apa saja kandungan yang sebaiknya dihindari dalam cushion untuk kulit berjerawat?

Ada beberapa kandungan yang sebaiknya dihindari dalam cushion untuk kulit berjerawat, yaitu:

  • Komedogenik. Bahan-bahan yang bersifat komedogenik dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Alkohol. Alkohol dapat mengeringkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih sensitif.
  • Pewangi. Pewangi dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

3. Bagaimana cara memilih shade cushion yang tepat untuk kulit berjerawat?

Cara memilih shade cushion yang tepat untuk kulit berjerawat adalah dengan mencobanya langsung di wajah. Pilihlah shade yang paling mendekati warna kulit Anda. Jika Anda tidak yakin dengan shade yang tepat, Anda bisa meminta bantuan dari beauty advisor.

4. Bagaimana cara menggunakan cushion untuk kulit berjerawat?

Berikut ini adalah cara menggunakan cushion untuk kulit berjerawat:

  • Bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.
  • Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit.
  • Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu.
  • Aplikasikan cushion dengan puff atau spons.
  • Gunakan produk makeup lain jika diperlukan.

5. Bagaimana cara merawat kulit berjerawat agar cushion tahan lama?

Berikut ini adalah cara merawat kulit berjerawat agar cushion tahan lama:

  • Gunakan primer sebelum menggunakan cushion. Primer dapat membantu membuat kulit lebih halus dan rata, sehingga cushion dapat menempel lebih baik.
  • Aplikasikan cushion dengan tipis-tipis. Aplikasikan cushion terlalu tebal dapat membuat kulit terlihat lebih berminyak dan mudah luntur.
  • Gunakan setting spray. Setting spray dapat membantu membuat makeup lebih tahan lama.