Scroll untuk baca artikel
Kabar

IPM Jawa Timur 2023, Surabaya Tertinggi dan Sampang Terendah

69
×

IPM Jawa Timur 2023, Surabaya Tertinggi dan Sampang Terendah

Sebarkan artikel ini
IPM Jawa Timur 2023
IPM Jawa Timur 2023

HULUHILIR.COM – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi salah satu indikator melihat kesejahteraan masyarakat di sebuah daerah.

Badan Pusat Statistik (BPS) selalu membuat sensus setiap tahun untuk mengetahui perkembangan data-data daerah. Termasuk IPM di Jawa Timur.

Dan sesuai hasil pendataan oleh BPS tersebut, pada tahun 2023, IPM tertinggi Jawa Timur adalah Kota Surabaya sebesar 84,08, hal yang sama juga terjadi untuk tahun sebelumnya.

Tahun 2023, terdapat sebanyak 7 daerah dengan IPM berkategori “sangat tinggi”, yaitu Kota Surabaya, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Blitar, dan Kabupaten Sidoarjo.

Di samping itu, daerah dengan kategori IPM “tinggi” sebanyak 27 kabupaten/kota, sedangkan daerah berkategori IPM “sedang” sebanyak 4 kabupaten/ kota.

Baca Juga:   Menpora Pastikan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya Jadi Venue Piala Dunia U-20 2023

Kabupaten di Jawa Timur yang IPM-nya “naik kelas” tahun ini adalah Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Pamekasan, dari IPM berkategori “sedang” ke “tinggi”. Sedang IPM terendah adalah Kabupaten Sampang yakni 66,19.

IPM Jawa Timur 2023

IPM Jawa Timur 2023
IPM Jawa Timur 2023