Scroll untuk baca artikel
DesaKabar

2.195 PJU dipasang, Bojonegoro makin benderang

231
×

2.195 PJU dipasang, Bojonegoro makin benderang

Sebarkan artikel ini

Malam hari makin terang

Sumber: Pemkab Bojonegoro

Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karya (DPKPCK) segera memasang 2.195 unit lampu Penerang Jalan Umum (PJU).

“Pemasangan lampu PJU terus dilakukan, agar manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Kepala DPKPCK Bojonegoro, Adi Witjaksono melalui Kabid PJU dan Pemilharaan Sarpras, Sarifuddin, Selasa (4/10/2022) dikutip dari laman Pemkab Bojonegoro.

PJU akan dipasang di 93 ruas jalan pada 2022 ini. Prioritasnya dilakukan di jalan-jalan strategis.

“Pemasangan baru dan pemeliharaan PJU, kami utamakan di lokasi strategis. Tersebar merata di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten ini,” ujarnya.

Pemasangan PJU tidak hanya di wilayah kota saja, melainkan akan menyasar hingga ke pelosok desa. “Pemasangan PJU akan dilakukan pada jalan yang sudah dibangun,” tandasnya.

Baca Juga:   Ubah fokus di metode gasing untuk wujudkan generasi hebat

Pemasangan PJU baru tahun ini mencapai Rp 25.825 miliar dari APBD 2022. Sarifuddin menjelasakan, pelaksanaan pekerjaan PJU dimulai pada bulan Mei dan tuntas pada Oktober. Saat ini, progres sudah mencapai 85 persen.

“Dari 93 ruas jalan, tinggal 15 ruas jalan masih proses pekerjaan. Dan target pada bulan Oktober tuntas,” terangnya.

Pemasangan PJU baru sudah dimulai pada 2017 silam yakni sebanyak 18.309 titik lokasi. Pemasangan itu berjarak 50 meter dengan masing-masing lampu. Sedang PJU yang menggunakan solar cell atau tenaga surya hanya di lokasi tertentu saja seperti di sepanjang Kecamatan Ngasem menuju lokasi wisata Khayangan Api.

“Untuk ruas jalan yang menggunakan tenaga surya dengan daya 60 watt, sedangkan kota dobel PJU daya 90 watt dan 65 watt untuk penerang trotoar,” pungkasnya.