Scroll untuk baca artikel
Berita

Lomba Oklik Bojonegoro Segera Digelar, Ini Detail Hadiahnya

59
×

Lomba Oklik Bojonegoro Segera Digelar, Ini Detail Hadiahnya

Sebarkan artikel ini

Bojonegoro – Kabupaten Bojonegoro bersiap untuk menyelenggarakan Lomba Oklik sebagai bagian dari upaya mempertahankan warisan budaya lokal dan menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan akan berlangsung pada Minggu, 31 Maret 2024.

Dheny Ike, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar, mengungkapkan bahwa Lomba Oklik merupakan langkah konkret untuk memberi dorongan kepada kelompok seni Oklik agar tetap berkembang dan memainkan peran pentingnya sebagai bagian dari kebudayaan Bojonegoro. Selain sebagai hiburan, seni Oklik juga memiliki nilai keagamaan yang khusus terutama di Bulan Ramadhan.

“Dalam era globalisasi ini, penting untuk terus memperjuangkan keberlangsungan seni Oklik sebagai bagian dari identitas budaya kita, agar tetap hidup dan berkembang di masyarakat Bojonegoro,” tegasnya.

Baca Juga:   Nilai Sedekah di Bulan Ramadhan, Penuh Manfaat

Lebih lanjut, Denny menjelaskan bahwa Lomba Oklik Tahun 2024 bertujuan untuk melestarikan seni tradisional khas Bojonegoro sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya nasional, memberi ruang bagi para seniman untuk berekspresi melalui kompetisi, serta untuk meramaikan Bulan Suci Ramadhan dengan kegiatan yang bernilai edukasi.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya memajukan ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya,” tambahnya.

Denny menegaskan bahwa Lomba Oklik menjadi kesempatan bagi masyarakat Bojonegoro untuk lebih mengenal, memiliki, dan melestarikan seni Oklik. Melalui partisipasi dalam lomba ini, diharapkan akan terjalin sinergi antara Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan masyarakat.

Bagi yang ingin ikut serta dalam lomba, peserta harus mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti Technical Meeting (TM). Pendaftaran Lomba Oklik gratis dan terbuka untuk grup kesenian dari dalam dan luar Bojonegoro dengan syarat menyertakan identitas diri yang valid.

Baca Juga:   6 Tempat ngabuburit yang recomended di Bojonegoro, murah bikin senang

“Pendaftaran Lomba Oklik akan dibuka mulai tanggal 15 Maret hingga 22 Maret 2024, sedangkan Technical Meeting akan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2024 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro,” jelasnya.

Para pemenang Lomba Oklik akan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan dengan jumlah yang menarik. Namun, peserta perlu memperhatikan bahwa pajak hadiah akan ditanggung oleh pemenang.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di bit.ly/LombaOklikBJN2024 atau menghubungi kontak Susetyo, S.Sos (0853 3853 5343), Damiati, S.Pd, M.M. (0813 3502 9765), atau Mukarom (0857 4802 8698)