Scroll untuk baca artikel
Kabar

Trik Bicara di Depan Umum secara Profesional

33
×

Trik Bicara di Depan Umum secara Profesional

Sebarkan artikel ini

Berbicara dengan orang terdekat mungkin terlihat mudah, tapi bayangkan bagaimana berbicara di depan orang banyak yang tidak dikenal. Tak banyak orang yang berhasil menjadi pembicara atau pelaku presentasi di muka umum. Mereka harus mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Beberapa orang bahkan merasakan “demam panggung” saat harus menjadi pusat perhatian. Hal ini tidak hanya terjadi pada public figure, tetapi karyawan biasa yang mencoba mengemukakan usulnya dalam ruang rapat, atau bahkan seorang murid yang melakukan presentasi di depan teman-teman sekolahnya.

Nah, tidak perlu putus asa bila mengalami hal demikian. Ada banyak trik yang bisa dilakukan agar rasa percaya diri Anda tumbuh ketika berbicara di depan umum.

Jaga Kecepatan Bicara

Jaga laju berbicara agar tetap moderat. Jangan berbicara terlalu cepat, karena beberapa orang akan sulit mengerti apa yang Anda bicarakan. Kebanyakan pembicara yang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan berbicara secara perlahan, namun tak kehilangan fokus atau jadi membosankan.

Kembangkan Bahasa

Luangkan waktu untuk meningkatkan kemampuan kosa kata Anda. Jangan bicara berlebihan, terutama saat sedang melakukan presentasi. Bila kerap menggunakan kata-kata yang berlebihan akan membuat Anda terlihat kurang cerdas. Begitu pula bila menggunakan banyak istilah dalam pilihan kata, hanya untuk membuat Anda tampak lebih berwibawa. Terlalu berlebihan menunjukkan pengetahuan yang Anda miliki membuat Anda arogan.

Buka Tangan

Gunakan gestur (bahasa tubuh) membuka tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Ini akan memberi kesan bahwa Anda tidak menyembunyikan sesuatu dan berbicara secara jujur. Namun jangan menggunakan secara berlebihan. Karena akan menganggu atau mengacaukan perhatian audiens Anda.

Lakukan Kontak Mata

Saat Anda sedang menjelaskan sesuatu, usahakan untuk melakukan kontak mata dengan semua lawan bicara Anda. Ini akan membuat Anda tak kehilangan fokus saat berbicara di muka umum.

Berdiri Tegak

Cobalah untuk tetap berdiri tegak setiap kali Anda memiliki kesempatan berbicara di depan umum. Jangan simpan tangan Anda dalam saku celana, dan jangan lupa untuk selalu menunjukkan senyuman terbaik, tanpa kesan yang dibuat-buat.

Buang Beberapa Kata

Kebiasaan mengatakan kata-kata yang tidak perlu atau mubazir saat berbicara dengan teman atau keluarga harus mulai dihilangkan. Menggunakan frase atau kata-kata seperti “Anu” atau “Ehmm” akan membuat Anda terlihat tidak percaya diri dan tidak profesional.

Untuk itulah saat Anda melihat lowongan kerja di situs pencarian kerja atau media sosial, kadang-kadang dicantumkan persyaratan calon pelamar kerja harus komunikatif dan mampu berkomunikasi dengan baik. Beberapa perusahaan nyatanya memang mencantumkan persyaratan tersebut di kolom lowongan, karena yang dibutuhkan perusahaan adalah orang yang memiliki public speaking yang baik.

Maka dari itu, usahakan untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum, agar nantinya Anda akan merasa percaya diri dan mampu menjadi seorang pembicara yang handal. Public speaking yang baik akan membuat orang hanya berfokus pada Anda dan tidak hanya mendengarkan, namun juga memahami apa yang Anda bicarakan.