Scroll untuk baca artikel
Kabar

5 Cara Mudah Merawat Mesin mobil

413
×

5 Cara Mudah Merawat Mesin mobil

Sebarkan artikel ini

Lakukan secara berkala

Sebagai pemilik sebuah mobil anda selalu mengingkinkan mobil dalam kondisi yang prima dan nyaman untuk dikendarai. Selain melakukan service berkala secara rutin anda juga sebaiknya melkukan pengecekan mandiri untuk memahami seluk beluk kondisi mobil saat akan digunakan. berikur beberapa tips yang dapat anda lakukan sendiri dalam mengecek kondisi mobil.

1. Cek Tekanan Angin Ban

Sebelum berkendara pastikan anda melihat tekanan angin ban secara berkala. anada bisa melakukannya dengan mennggunakan alat pengukur tekanan angin, atau jika tidak memiliki maka anda dapat menendang bagian dinding ban jika tekanan cukup maka akan menumbulkan bunyi dan pentulan yang cukup kuat. sebagai saran selalu gunakan ukuran tekanan angin ban sesuai dengan anjuran yang biasanya terletak pada bagian pintu depan sebelah pengemudi.

Baca Juga:   Cara Mudah Menghilangkan Garis Merah Bergelombang di Microsoft Word

2. Cek Oli Mesin

Umumnya penggantian oli mesin dilakukan saat mobil menempuh jarak 5 ribu kilometer atau 6 bulan mana yang tercapai lebih dahulu. kamu sebaiknya juga mengetahui spesifikasi dan kapaasitas oli yang dbutuhkan untuk mobilmu.

sebagai pengecekkan awal kamu dapat melakukannya dengan mngecek stik oli yang ada di bagian mesin mobil.

3, Cek Air Radiator

Sebagai Sistem pendingianan mesin radiator juga perlu dilakukan pengecekkan sebelum melakukan perjalanan agar nantinya tdak terjadi overheat dan mogok dijalan. selalu cek kondisi air didalam radiator ataupun dalam wadah air cadangan jangan sampai pada titik yang kurang.

4. Lakukan Pemanasan Mesin

Jika mobilmu jarang kamu gunakan alangkah baiknya lakukan pemanasan dua hari sekali selama 10 hingga 20 menit. hal tersbut bertujuan agar oli dapat bersirkulasi melumasi komponenen mesin yang bisa membuat mesin mobilmu menjadi awet dan juga dapat membuat kondisi aki lebih awet pula.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Tag Collaboration Instagram, Penuh Manfaat

5. Bersihkan Mobil

Pada waktu yang senggang sebaiknya kamu gunakan untuk membersihkan kendaraanmu. selain memberi kesan bersih, membersihkan kendaraan juga bisa membuat kendaraanmu terlihat segar dan awet sebab tidak adanya kotoran yang bisa membawa bakteri dan mampu merusak komponen mobil.