Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

Pengertian dan Cara Membersihkan Injektor Mobil Dengan Mudah

1811
×

Pengertian dan Cara Membersihkan Injektor Mobil Dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Bersihkan secara berkala

Injektor adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penyemprotan bahan bakar keruang pembakaran pada mesin. Injektor memiliki katup yang dapat membuka serta menutup sesuai kapasitas bensin yang telah diatur daru Ecu sebuah kendaraan,

Namun injetor ini diperlukan pembersihkan berkala agar tetap bekerja secara optimal. Jika kamu merasakan hal-hal secam ini, maka kamu harus segera melakukan pembersihan pada injetor kendaraan kamu.

1. Mesin Mogok

Sungguh kejadian yang tak inginkan bagi sebagian besar pemilik kendaraan adalah mogok. Perjalanan anda pastinya akan terganggu dan bahkan bisa merusak mood kamu yang tadinya berangkat dengan senang-senang malah harus terganggu ditengah perjalanan.

Baca Juga:   Cara Hemat Hilangkan Baret Pada Body Mobil, Kembali Kinclong

2. RPM tidak stabil

Hal ini sering terjadi saat kamu tak begitu merawat kendaraan terutama dibagian injetor karena tidak terjadi keseimbangan andara bahan bakar yangdisemprotkan dengan udara yang masuk membuat putaran mesin tidak stabil.

3. Bahan Bakar Boros

Akibat kotoran yang menumpuk dibagian inginkan. hal ini juga mengakibatkan BBm jadi boros sebab katup dari injetor tidak dapat membua dan menutup secara sempurna.

Menghindari hal tersebut sebaiknya kamu lakukan pengecekan dan pembersihan ruang bakar terutama injektor minimal 1 tahun sekali. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan injektor mesin kamu.

Cara membersihkan injektor mesin

1. Semprotkan Injector cleaner

Sebagai langkah mudah kamu dapat melakukan hal ini. Semprotkan cairan injector cleaner pada lubang udara yang ada di Throttle Body dalam kondisi mesin menyala dan keadaan di gas-gas. Selain itu bila anda ingin bersih secara optimal maka lakukanlah tune up di bengkel langganan kamu.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Google Drive limit, Dijamin Ampuh

2. Menggunakan Cairan Pemersih Dalam Tangki BBM

Kini telah mudah dan banyak kita temui suatu cairan yang mampu memberihkan ruang mesin dan injektor yang dapat langsung dicampur dengan bahan bakar yang ada ditangki kendaraan. Cairan ini biasanya bekerja dengan cara disemprotan bersama bahan bakar melalui injektor dan membuat injektor bersih.

3. Gunakan Oktan BBM yang Sesuai

Gunakanlah selalu Oktan BBM yang telah dianjurkan oleh suatu pabrikan kendaraan. Selain untuk kebutuhan kompresi mesin, penggunaan oktan yang sesuai juga bisa teap menjaga ruang bakar dan injektor dari kotoran dan endapan sehingga keluhan injektor kotor jarang kita rasakan.