5 Cara Mudah Merawat Aki Agar Tidak Mudah Rusak

Perhatikan kondisi air aki

Salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan kendaraanmu adalah aki. Aki merupakan suatu alat penyedia litrik yang nantinya digunakan untuk mengaktifkan sistem kelistrikan pada suatu kendaraan.

Namun kebanyakan dari kita tak mengerti kalau aki dalam kendaraan kita juga harus dilakukan perawatan secara berkala. Banyak dari kita hanya bisa menggunakan aki dan jika rusak akan kebingungan.

Berikut Beberapa tips agar aki kendaraanmu awet dan bekerja secara optimal.

1. Periksa Aki Secara Rutin

Selaginya kamu memanasi mesin kendaraan alahkan baiknya kamu juga melakukan pengecekan pada fisik dari bagian aki kendaraan. Pengecekan ini bertujuan bagi kamu untuk mengetahui kondisi aki kendaraanmu bila mana ada yang tidak nomal kamu bisa melakukan perbaikan dini sebelum terlambat nantinya.

Baca Juga:   Miliaran data SIM Card Bocor, ini alasan Kementrian Kominfo

2. Bersihkan Kerak Putih di Kepala Aki

Biasa terjadi pada aki basah yang mengalami oksidasi dan meninggalkan kerak putih pada bagian kepala aki. Segera lakukan pembersihan sebab kerak putih ini memiliki sifat korosif dan dapat merusak terutama pada bagian klem aki. Cara membersihkan yang paling mudah dengan menyiramkan kepala aki menggunakan air panas dan tunggu hingga kerak tersebut rontok kemudian sikat untuk hasil yang lebih sempurna.

3. Cek Kondisi Air Aki

Perhatikan dengan teliti volume air aki pada aki kandaraanmu, jangan sampai melewati batas minimun sebab air aki memiliki peran sebagai penghantar arus listrik. Oleh sebab itu lakukan pengisian bila air aki sudah berada pada garis bawah agar aki bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga:   Manchester United Akan Kalahkan Liverpool Dalam Perburuan Jude Bellingham?

4. Gunakan Listrik jangan Berlebihan

Penggunakan aki pada kendaraan bukan semata hanya untuk menyalakan kendaraan, namun ada beberapa assesoris yang biasanya ditambahkan yang ditambahkan pada kendaraan seperti lampu atau audio, sebaiknya lakukan penambahan assesoris teresebut jangan sampai membebani beban aki terlalu berat agar akimu memiliki umur yang lebih panjang.

5. Rutin Nyalakan Mesin

Alangkah baiknya kamu lakukan hal tersebut pada kendaraanmu tertuma pada kendaraan yang jarang digunakan. Menyalakan kendaraan tersebut juga akan menimbulkan perputaran arus litrik dari pengisian ke aki dan penyaluran dari aki ke beragam komponen pada kendaraan, Sehingga aki dikendaraan mu tetap bisa menyimpan arus dan menambah usia aki kendaraanmu.

Share