Scroll untuk baca artikel
Otokita

Tips Berkendara Saat Kena Macet di Jalan

208
×

Tips Berkendara Saat Kena Macet di Jalan

Sebarkan artikel ini

Fokus dan jangan emosi

Akhir-akhir ini kemacetan banyak terjadi tak hanya di pusat perkotaan. Kemacetan juga banyak kita temui di jalan provinsi luar kota. Suasana yang macet pastinya sangat menyebalkan bagi sebagian pengguna jalan apa lagi bila sedang diburu oleh waktu.

Meski cukup menjengkelkan berikut beberapa tips berkendara saat memecah kemacetan agar situasi yang tidak kita ingingkan dapat dihindari.

1. Berangkat lebih awal

Sebagai langkah sederhana, berangkatlah lebih awal dari biasanya apalagi jalur yang kamu lalui terdapat jalur kemacetan. Berangkat lebih awal juga dapat memberikan dampak positif karena kita akan lebih sabar dan tidak dikejar oleh waktu.

2. Jangan mengerem mendadak

Baca Juga:   4 Tips Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Bersantailah bila kamu terjebak di jalan yang macet, tetap fokus dalam berkendara agar saat laju kendaraan didepan mulai lancar kamu dapat mengikuti. Jangan gunakan pengereman yang cukup mendadak sebab akan mengganggu konsentrasi berkendara selain itu dengan mnegerem mendadak suasanya berkendara pastinya akan tidak menyenangkan dan juga bisa membuat rem lebih cepat aus.

3. Gunakan gigi rendah

Penggunaan gigi rendah dapan membantu akselerasi lebih spontan dan jarak dengan kendaraan dapan terjaga dengan baik. Penggunaan gigi yang cukup tinggi saat kemacetan akan menyulitkan kamu bila saat sedang akselerasi dan juga bisa membuat mobilmu mati mesin.

4. Jaga jarak aman

Saat sedang menghadapi kemacetan biasanya emosi dan kesabaran sedang di uji. Adanya rasa tak ingin diserobot acap kali muncul sehingga kita sering menempel kendaraan didepan. Tetap jaga jarak yang aman bila nantinya kendaraan mengerem mendadak kamu tidak akan menabraknya.

Baca Juga:   Ketahui, Hal yang Tidak Dianjurkan saat Menjadi Penumpang Mobil

5. Patuhi arahan dan rambu

Ditengah kemacetan tetap patuhi aturan lalulintas atau ikuti arahan petugas yang ada dijalan. Jangan saling serobot hanya ingin mendapatkan tempat yang lebih depan. Tindakan tersebut justru akan memperparah kemacetan apalagi bila di jalan contra flow