Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

6 Hal Harus Dihindari Saat Berkendara di Waktu Hujan

203
×

6 Hal Harus Dihindari Saat Berkendara di Waktu Hujan

Sebarkan artikel ini

Tingkatkan kewaspadaan

Reset Head Mobil
Sumber: Reset Head Mobil

Kini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Hujan dapat terjadi pada waktu yang tidak terduga, bisa saja saat kamu sedang berkendara menuju kesesuatu tempat.

Berkendara saat hujan tentu berbeda halnya saat kondisi yang kering. Licinnya kondisi jalan serta terbatasnya jarak pandang membuat para pengguna jalan harus lebih fokus saat berkendara. Berikut beberapa hal yang dapat kamu hindari agar tidak terjadi hal-hal yang buruk saat berkendara di waktu hujan.

1. Tidak Menjaga Kondisi Ban.

Menjaga kondisi ban sangatlah penting, sebab ban merupakan komponen yang menyentuh langsung dengan median jalan. Kondisi ban yang kurang tekanan mengakibatkan kendaraanmu sulit untuk dikendalikan dan juga bila ban kendaraanmu sudah ‘botak’ maka ban akan mudah selip.

Baca Juga:   Awas! Ini 4 Risiko Jika Kendaraan Menerobos Banjir

2. Tidak Service Berkala

Service kendaraan secara berkala menjadi kegiatan yang wajib bagi para pemilik kendaraan. Setidaknya saat service berkala kita mengetahui apakah beberapa komponen tetap dalam kondisi yang optimal.

3. Tidak Menjaga Gaya Berkendara

Saat hujan tentu jarak pandang kita akan terganggu. Jangan melajukan kendaraanmu terlalu kencang agar dapat terhindar dari aquaplaning yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu juga saat kondisi hujan sistem pengereman tidak dapat berfungsi dengan optimal. Berkendaralah dengan tenang dan fokus.

4. Tidak Waspada dengan Genangan

Jaga fokus saat berkendara, kurangi kecepatan kendaraan dan waspadalah terhadap genangan air yang ada di jalan. Bisa saja genangan tersebut menyembunyikan lubang yang cukup dalam hingga dapat terjadinya kecelakaan.